7 Januari 2015

Mengganti Bohlam Lampu Sein Belakang Honda Beat FI

Lampu Sein Belakang Honda Beat FI (K25)
Lampu Sein Belakang Honda Beat FI (K25)

Yup, materi main bengkel-bengkelan hari ini adalah mengganti bohlam lampu sein belakang pada sepeda motor jenis metik produksi Honda, yaitu Beat FI (K25) keluaran tahun 2013. Seperti yang sudah (dan harus) kita ketahui sebagai pengendara, keberadaan lampu sein sangatlah penting karena berfungsi untuk memberi tahu kepada pengendara lainnya di sekitar kita bahwa kita akan bergerak atau berbelok ke suatu arah tertentu, dan juga digunakan apabila kita akan mendahului kendaraan yang berada di depan kita.

Nah, kasus di lapangan yang lazim terjadi adalah kelalaian si pengendara dalam mengoperasikan lampu sein tersebut. Ada yang tidak menyalakannya tahu-tahu sesaat kemudian langsung berbelok, ada yang baru menyalakannya ketika sudah terlalu dekat atau mendadak sebelum berbelok, bahkan yang lebih parah dan sangat membahayakan adalah lampu sein sebelah kanan menyala eeh tidak tahunya malah beloknya ke kiri, huhuhuhu.

Oke deh, daripada panjang ceritanya kalau membahas kelakuan pengendara unik dan nyeleneh di sekitar kita, lebih baik kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  • Siapkan bohlam lampu sein yang baru. Spesifikasinya adalah bohlam model tancap berwarna kuning dengan ukuran 12 volt 10 watt. Siapkan juga obeng (+).

    bohlam lampu sein
    bohlam lampu sein

  • Buka jok, lalu gunakan obeng (+) untuk melepas 4 buah sekrup pengunci panel tutup lampu belakang atau istilahnya cover rr center (lihat tanda panah).

    lepas sekrup pengunci
    lepas sekrup pengunci

  • Untuk melepas bohlam lampu sein belakang adalah dengan cara melepas fitting melalui bagian belakang rumah lampu. Caranya cukup diputar dengan tangan berlawanan arah jarum jam, lalu ditarik keluar (lihat tanda panah).

    letak fitting lampu sein belakang
    letak fitting lampu sein belakang
    lepas fitting dari rumah lampu
    lepas fitting dari rumah lampu

  • Kemudian lepas bohlamnya, caranya cukup ditarik keluar secara perlahan (lihat tanda panah). Lalu bersihkan daerah sekitar fitting. Kemudian pasang bohlam baru, caranya cukup ditekan ke dalam fitting secara perlahan (lihat tanda panah).

    lepas bohlam lama, pasang bohlam baru
    lepas bohlam lama, pasang bohlam baru

  • Setelah itu coba tes nyala dan fungsi lampu sein. Apabila berhasil dan berfungsi dengan baik, pasang kembali fitting ke rumah lampu, lalu putar searah jarum jam untuk menguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali fitting
    pasang kembali fitting

  • Kemudian pasang kembali panel tutup lampu belakang (cover rr center) beserta 4 buah sekrup penguncinya, lalu kencangkan dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    pasang kembali panel/cover
    pasang kembali panel/cover

  • Selesai. Cukup mudah kan? ^,^

    selesai
    selesai

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar