January 18, 2017

Lampung Ke Belitung Ala Backpacker

Lampung Ke Belitung Ala Backpacker
Lampung Ke Belitung Ala Backpacker

Melakukan perjalanan dari Lampung menuju ke Pulau Belitung atau lebih tepatnya dari Kota Bandar Lampung menuju ke Kota Tanjung Pandan sebenarnya ada beberapa pilihan rute yang dapat dipilih. Secara garis besar rute tersebut terdiri dari dua rute, yaitu rute Lampung - Jakarta - Belitung dan Lampung - Palembang - Bangka - Belitung. Dari kedua rute tersebut bisa dibagi lagi menjadi beberapa rute menurut alat transportasi yang akan digunakan.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan salah satu pilihan rute yang secara ongkos (tarif) lebih murah dan waktu tempuh tidak terlalu lama, atau bisa dikategorikan sebagai pilihan perjalanan hemat dan murah ala backpacker atau traveller kere hore, hehehehe.

Oke deh, begini rincian rutenya:
  1. Terminal Rajabasa (Lampung) - Pelabuhan Bakauheni (Lampung)
    Perjalanan ini ditempuh dengan bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) jurusan Rajabasa - Bakauheni, lama perjalanan sekitar 2,5-3 jam, ongkos sekitar Rp.25.000 - Rp.30.000,-.
  2. Pelabuhan Bakauheni (Selatan) - Pelabuhan Merak (Banten)
    Perjalanan ini ditempuh dengan kapal ferry ASDP, lama perjalanan sekitar 2,5-3 jam, ongkos Rp.13.000,-.
  3. Terminal Merak (Banten) - Terminal Tanjung Priok (Jakarta)
    Perjalanan ini ditempuh dengan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) jurusan Merak - Tanjung Priok, lama perjalanan sekitar 3-4 jam, ongkos sekitar Rp.26.000 - Rp.28.000,-.
  4. Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta) - Pelabuhan Tanjung Batu/Pegantungan (Belitung)
    Ini perjalanan yang menghabiskan waktu yang paling lama dalam rangkaian perjalanan ini, yakni sekitar 16 jam perjalanan yang ditempuh dengan menggunakan kapal Pelni. Ongkosnya sekitar Rp.185.000,-. Nah, perjalanan di langkah inilah yang paling menentukan, karena perjalanan di rute ini jadwalnya tidak setiap hari ada. Jadi pastikan tiket untuk jurusan ini sudah berada di genggaman tangan kita.
  5. Pelabuhan Tanjung Batu/Pegantungan (Belitung) - Tanjung Pandan (Belitung)
    Nah, ini adalah perjalanan terakhir dari rangkaian perjalanan yang dilakukan, yaitu dari Pelabuhan Tanjung Batu atau yang oleh penduduk sekitar disebut dengan nama Pegantungan. Untuk menempuh ke Kota Tanjung Pandan ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan mobil travel dengan ongkos sekitar Rp.50.000,-.
Hmm, kalau dikalkulasikan seluruh rangkaian perjalanan ini menghabiskan dana sekitar Rp.306.000,-. ^,^

Artikel terkait:

2 comments: