January 10, 2017

Cara Pesan Tiket Kapal Pelni Online

Pesan Tiket Kapal Pelni Online
Pesan Tiket Kapal Pelni Online

Pada tulisan kali ini aku akan coba menjelaskan sedikit tentang cara memesan (booking) tiket kapal laut PT. Pelni secara online. Bepergian dengan menggunakan transportasi kapal laut memiliki kesan dan pengalaman tersendiri yang berbeda dengan moda transportasi umum lainnya. Nah, sekarang proses booking tiket bisa dilakukan melalui website atau secara online istilahnya. Hmm, menurutku secara proses hampir sama dengan proses booking tiket kereta api, jadi bagi yang sudah pernah atau sudah biasa melakukan proses booking tiket kereta api secara online ya tidak akan kesulitan melakukan proses booking tiket untuk kapal laut ini, hehehehe.

Pertama, kunjungi halaman situs PT. Pelni yang beralamat di www.pelni.co.id. Kemudian lihat di sebelah kanan layar pada menu Info Jadwal & Reservasi. Pilih pelabuhan keberangkatan (lihat panah A), lalu pilih pelabuhan tujuan (lihat panah B), lalu pilih tanggal keberangkatan (lihat panah C), kemudian klik Search (lihat panah D).

langkah 1
langkah 1

Apabila rute dan tanggal keberangkatan tersedia, akan muncul informasi tentang pelayaran kapal laut terkait data-data yang dimasukkan pada menu pencarian sebelumnya. Kemudian untuk melakukan pemesanan (booking), silahkan pilih kelas dan masukkan angka yang merupakan jumlah calon penumpang, lalu klik Booking (lihat tanda panah).

langkah 2
langkah 2

Kemudian akan muncul formulir pemesanan, masukkan data-data berupa Nama Pemesan, Email dan Nomor Telepon atau Handphone (lihat panah A, B dan C). Setelah itu beri checklist pada kotak di bawahnya (lihat panah D dan E), lalu klik Lanjut (lihat panah F).

langkah 3a
langkah 3a
langkah 3b
langkah 3b

Kemudian akan muncul formulir isian informasi data calon penumpang. Masukkan Nama Calon Penumpang (nama harus sesuai dengan yang tertera pada KTP) (lihat panah A), Nomor KTP (lihat panah B) dan Tanggal Lahir (lihat panah C). Pastikan data-data yang diisikan sudah benar, setelah itu klik Lanjut (lihat panah D).

langkah 4
langkah 4

Setelah itu akan muncul kotak informasi yang isinya berupa Kode Pembayaran dan Batas Waktu Pembayaran (lihat tanda panah). Nah, yang harus diperhatikan adalah batas waktu pembayaran di mana hanya diberi batas waktu selama 3 jam setelah proses booking, jika sampai batas waktu yang ditentukan oleh sistem belum dilakukan pembayaran, maka booking dianggap hangus dan harus melakukan proses booking lagi.

langkah 5
langkah 5

Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran dan jangan lupa dan salah dengan Kode Pembayaran yang telah diberikan. Proses pembayaran dapat dilakukan melalui loket Pelni, ATM BRI atau Indomaret.

Kemudian setelah proses pembayaran selesai, tanda bukti pembayaran bisa ditukarkan dengan tiket di loket Pelni atau Kantor Cabang Pelni. Batas penukaran adalah maksimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal. Untuk informasi lebih jelas dan lanjut hubungi call center PT. Pelni di nomor 162 atau (021)162.

No comments:

Post a Comment