December 6, 2015

Cara Menyimpan Data Di Google Drive

Pada artikel kali ini aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara menyimpan file atau data di media penyimpanan data milik Google yang bernama Google Drive. Fasilitas ini bisa didapatkan secara cuma-cuma asalkan kita sudah memiliki surat elektronik (email) Gmail. Kuota yang bisa disimpan cukup besar yaitu 15 GB yang digunakan bersama untuk Google Drive, Gmail dan Google Foto.

Menurutku dengan adanya fasilitas ini sangat membantu dalam hal penyimpanan file atau data, karena dapat diakses dari mana saja selama kita terhubung dengan internet. Jika sebelumnya kita menyimpan file pada media seperti flashdisk, disket, atau harddisk eksternal, maka dengan adanya fasilitas ini kita tidak perlu lagi media seperti itu. Jadi tidak ada alasan lagi jika pada suatu saat file atau data kita hilang karena alat penyimpanan tersebut hilang, cukup nyalakan komputer, laptop, tablet atau smartphone, lalu koneksikan dengan internet, maka file atau data tersebut bisa diakses kembali.

Oke deh, berikut caranya:
  1. (Aku anggap kalian sudah memiliki akun gmail, jika belum ada silahkan buat terlebih dahulu). Buka browser, lalu ketikkan 'google drive' atau 'drive google' (lihat panah 1), kemudian akan muncul beberapa hasil pencarian, klik tautan yang mengarahkan kita ke halaman Google Drive (lihat panah 2).
    pencarian di browser

  2. Kemudian akan tampil halaman login ke akun Google, ketik kata kunci (password) (lihat panah 1), lalu klik 'Masuk' (lihat panah 2).
    halaman login

  3. Setelah proses login berhasil akan tampil halaman Google Drive.
    tampilan halaman Google Drive

  4. Nah, sekarang saatnya menyimpan data kita di Google Drive. Sebagai saran, ada baiknya terlebih dahulu kita buat folder yang tujuannya memudahkan dalam pengarsipan data yang nantinya akan memudahkan kita ketika ingin membuka kembali data atau file yang telah di-unggah (upload). Caranya klik pada kotak berwarna merah yang ada tulisan 'BARU' di sebelah kiri halaman (lihat panah 1), kemudian akan tampil menu drop down, klik 'Folder' (lihat panah 2).
    buat folder baru (1)

  5. Kemudian akan tampil kotak masukan (input), ketikan nama folder yang ingin dibuat (lihat panah 1), lalu klik 'Buat' (lihat panah 2).
    buat folder baru (2)

  6. Nah, folder baru telah berhasil dibuat (lihat tanda panah).
    folder baru telah dibuat

  7. Klik dua kali pada kotak folder yang telah dibuat tadi.
    halaman folder baru

  8. Cara unggah file ada dua cara, yaitu cara seret dan taruh (drag and drop) dan cara konvensional atau klik berurutan. Kita coba dengan cara yang pertama yaitu cara drag and drop. Buka folder atau drive di mana file berada, kemudian tahan klik pada file yang akan di-unggah, lalu seret ke halaman Google Drive (lihat tanda panah).
    proses unggah file (1a)

  9. Kemudian proses unggah file akan berjalan (lihat tanda panah). Kecepatan unggah tergantung dari besaran ukuran file dan kecepatan unggah internet anda.
    proses unggah file (1b)

  10. Jika proses unggah selesai dan sukses, maka file akan tampil pada halaman Google Drive (lihat panah 1), dan ada pemberitahuan bahwa file telah berhasil di-unggah (lihat panah 2).
    file berhasil di-unggah

  11. Nah, sekarang kita coba cara yang kedua. Klik 'BARU' (lihat panah 1), lalu klik 'Unggah file' (lihat panah 2).
    proses unggah file (2a)

  12. Kemudian akan muncul halaman untuk memilih file yang ingin di-unggah, setelah ketemu klik file-nya (lihat panah 1), lalu klik 'Open' (lihat panah 2).
    proses unggah file (2b)

  13. Kemudian proses unggah akan berjalan, dan jika berhasil maka file akan muncul di halaman Google Drive (lihat panah 1), dan akan tampil pemberitahuan bahwa file berhasil di-unggah (lihat panah 2).
    file berhasil di-unggah

  14. Sampai proses di atas, proses penyimpan data atau file pada media Google Drive telah berhasil dan data atau file tersebut bisa diakses dari mana saja selama kita terkoneksi dengan internet. Oh iya, untuk mengetahui sisa kuota dan berapa banyak data yang telah disimpan di media Google atas nama akun kita bisa diketahui dengan mengarahkan mouse ke sebelah kiri halaman (lihat tanda panah), lalu akan muncul kotak informasi berapa banyak data yang telah disimpan.
    sisa kuota

  15. Jika telah selesai, sekarang kita logout dari halaman Google Drive. Klik pada gambar profil akun Google kita di sebelah kanan atas halaman (lihat panah 1), lalu klik 'Keluar' (lihat panah 2).
    proses logout

  16. Selesai.
    proses logout berhasil

Catatan:
  • Untuk kenyamanan, kemudahan dan keamanan, kata kunci (password) akun anda jangan sampai lupa, dan ganti secara berkala kata kunci (password) untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Setiap selesai mengakses akun anda jangan lupa untuk keluar (logout), terutama jika anda mengakses akun dari komputer yang digunakan bersama dengan orang lain, seperti komputer kantor, komputer warnet atau komputer pinjaman.
  • Kecilkan ukuran file (compress) yang akan di-unggah untuk memudahkan dan mempercepat proses unggah (upload) dan juga proses unduh (download).

No comments:

Post a Comment