July 15, 2015

Ukuran Kertas HVS

! | Tugas diketik di atas kertas hvs ukuran A4 70 gram dan dijilid menggunakan cover warna merah.

Pernah membaca tulisan seperti di atas? Hmm, pasti pernah lah ya, hehehehe.
Tulisan tersebut mempunyai maksud begini: Tugas harus dikerjakan dengan cara diketik menggunakan komputer atau mesin tik (eeh, mesin tik hari gini?) di atas media kertas jenis hvs dengan ukuran A4 70 gram, lalu dijilid dengan menggunakan kertas sampul berwarna merah.

Tapi yang membuatku merasa geli dan tersenyum simpul, masih ada sebagian mahasiswa (terutama mahasiswa semester awal) yang mencetaknya di atas kertas kuarto atau folio. Padahal kan sudah jelas tertulis ukuran kertasnya harus A4. Kalau aku yang menjadi si pemberi tugas sih ndak masalah soal ukuran kertas yang penting isinya atau tulisan yang tercetak di kertas tersebut, tapi entah kalau dengan pengajar lain yang kaku aturan atau saklek, bisa-bisa tugas yang sudah susah payah dibuat tidak diterima dengan yang bersangkutan, kan dongkol jadinya, hehehehe. Dan yang harus diingat, jangan sampai terjadi kesalahan ukuran dan bobot kertas dengan yang namanya laporan akhir, tugas akhir atau skripsi, karena ukurannya sudah baku.

Oke, sekarang mari kita bahas soal kertasnya, kenapa disebut kertas hvs?
Kepanjangan hvs adalah houtvrij schrijfpapier, Bahasa Belanda yang artinya kertas tanpa serat kayu. Jadi perlu diingat, hvs adalah jenis kertasnya bukan ukuran kertasnya. Kemudian ukurannya, ada A3, A4, F4, Q4, dan ukuran lainnya. Umumnya kertas hvs yang beredar di pasaran dan digunakan untuk keperluan cetak-mencetak arsip perkantoran ada 3 yaitu, A4, F4 dan Q4. Di mana letak perbedaannya? Simak penjelasan berikut.

-  A4
kertas A4
kertas A4

Ukuran kertas yang saat ini lazim dan banyak digunakan. Dalam pengetikkan skripsi dan tugas akhir pun menggunakan standar kertas ukuran A4 dengan bobot 80 gram. Kertas ini berdimensi panjang dengan ukuran 29,7 cm dan lebar 21 cm. Pada program aplikasi perkantoran (office) ukuran kertas ini menggunakan nama 'A4'.

-  F4
kertas F4 atau folio
kertas F4 atau folio

Ukuran kertas ini sering disebut dengan sebutan folio atau hvs panjang. Kertas ini biasanya digunakan pada arsip perkantoran yang menggunakan kepala surat (kops surat), dan terkadang juga digunakan untuk pengerjaan tugas perkuliahan. Kertas ini berdimensi panjang dengan ukuran 33 cm dan lebar 21,5 cm. Pada program aplikasi perkantoran (office) ukuran kertas ini tidak ada, tetapi jika pada sistem operasi anda telah ter-install printer ber-merk Hewlett Packard (HP) biasanya ukuran kertas ini akan muncul dengan nama '8.5x13'.

-  Q4
kertas Q4 atau kuarto atau letter
kertas Q4 atau kuarto atau letter

Ukuran kertas ini sering juga disebut dengan kuarto. Sekarang kertas ini jarang digunakan karena lebih banyak yang menggunakan ukuran A4. Kertas ini berdimensi panjang dengan ukuran 28 cm dan lebar 21,5 cm. Pada program aplikasi perkantoran (office) ukuran kertas ini menggunakan nama 'Letter'.

Nah, di atas telah aku jabarkan ukuran-ukuran kertas yang sering digunakan dalam arsip perkantoran, tugas sekolah dan tugas perkuliahan. Aku harap ke depannya tidak ada lagi kesalahan yang berhubungan dengan ukuran kertas. ^,^

No comments:

Post a Comment