June 5, 2014

Penyelesaian Rubik 3x3 (Bagian 1)

Rubik 3x3
Rubik 3x3

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Pernah melihat, memegang, mengutak-atik atau bahkan ada yang sudah memainkan dan menyelesaikan mainan seperti gambar di atas ini? Jika belum, pada tulisan kali ini aku akan mencoba menyelesaikan salah satu permainan yang bagi beberapa orang (termasuk aku sendiri) dianggap sulit untuk diselesaikan.

Ayo kita lakukan, siapkan rubiknya, dan mulai.
eeh, ada yang belum punya rubik?
ng, cari pinjaman dulu deh, terserah mau pinjam punya adik, kakak, keponakan, saudara, teman, tetangga, atau pinjam di toko mainan dulu juga tidak apa-apa kok, hehehehe.

Oke, bisa dimulai sekarang ya?
Hmm, aku anggap teman-teman semua sudah berada di depan layar monitor, laptop, notebook, tablet, smartphone atau di depan kertas hasil cetakan halaman ini, dengan kedua tangan memegang rubiknya masing-masing.

Langkah pertama yang biasa dilakukan adalah menyamakan warna bagian atap (bagian sisi atas), dan pada langkah ini akan banyak terjadi kondisi dengan cara penyelesaian yang berbeda-beda. Lalu pertanyaan yang biasa ditanya oleh pemula adalah warna apa yang akan menjadi warna bagian atap? Apapun warna yang akan anda pilih sebagai warna atap tidak jadi masalah, pilihan sesuai selera anda, hehehehe.

Berikut tabel penyelesaian rubik untuk bagian atap.

metode penyelesaian langkah 1
metode penyelesaian langkah 1

Nah, jika bagian atap warnanya sudah sama, maka selamat buat anda, hore . . .
Lalu, mari kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

(bersambung ke bagian dua)

4 comments: