6 Februari 2018

Urap

Urap ala Rika
Urap ala Rika

Hmm, pada tulisan kali ini aku akan membuat menu masakan buat vegetarian, yaitu salad sayuran versi Indonesia atau dikenal dengan nama Urap, hehehehe. Bahasa keren urap adalah Vegetables Salad With Coconut Dressing atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Indonesian Salad.

Sayuran pembentuk urap sebenarnya tidaklah baku atau bisa saling menggantikan dengan sayuran lainnya. Kemudian cara pengolahan bumbu kelapa parutnya juga ada beberapa cara, yaitu mentah (tanpa dimasak), dikukus dan ditumis sangrai. Hmm, apabila bumbu kelapa parut disajikan dengan cara mentah atau dikukus, urap akan bertekstur agak basah dan tidak tahan lama, jadi kedua cara ini sebaiknya dipilih jika urap yang akan disajikan langsung dinikmati sampai habis. Sementara jika bumbu kelapa parut diolah dengan cara ditumis sangrai, maka urap akan bertekstur agak kering dan gurih, serta bisa bertahan lebih lama.

Terserah anda mau pilih cara yang mana, sesuai selera, hehehehe. Pada kasus kali ini aku memilih cara kedua, yaitu bumbu kelapa parut dengan metode kukus. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya.

Bahan-bahan:
-  Bayam
-  Daun singkong
-  Daun pepaya
-  Daun kemangi
-  Daun kol
-  Genjer
-  Kacang panjang
-  Tauge (kecambah)

Bumbu kelapa parut:
-  1/2 buah kelapa parut
-  2 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya, iris tipis.
-  1 sdm gula merah, sisir halus.
-  5 cm kencur, haluskan.
-  1 sg bawang putih, haluskan.
-  2 bh cabe merah, haluskan.
-  1/3 sdt garam, haluskan.

bayam
bayam
daun kol
daun kol
kacang panjang
kacang panjang
genjer
genjer
tauge
tauge
daun kemangi
daun kemangi

Cara pembuatan:
  1. Rebus bahan-bahan sayuran (bayam, daun singkong, daun pepaya, daun kol, genjer, kacang panjang dan tauge, kecuali daun kemangi), kemudian tiriskan.

    aneka bahan
    aneka bahan

  2. Campurkan kelapa parut, bumbu halus (kencur, bawang putih, cabe merah dan garam), gula merah dan daun jeruk, lalu aduk rata. Kemudian kukus selama sekitar 20 menit.

    bumbu kelapa parut
    bumbu kelapa parut

  3. Kemudian campurkan semua bahan, lalu aduk rata. Kemudian sajikan dalam sebuah piring atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  4. Tarraaa, Urap ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Urap ala Rika
    Urap ala Rika

Tonton video-nya di sini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar