December 9, 2017

Cara Mudah Membuat Kulit Martabak

Kulit Martabak ala Rika
Kulit Martabak ala Rika

Martabak Telur. Yup, membuat martabak telur pada dasarnya adalah sangat mudah karena hampir sama dengan proses membuat telur dadar, hehehehe. Akan tetapi ada salah satu proses yang sering dikeluhkan dan dirasa sulit oleh pemula, yaitu proses membuat kulit martabak. Nah, karena dianggap sulit biasanya proses membuat kulit martabak sering dilewati (di-skip) dan lebih dipilih dan disukai membeli kulit martabak jadi siap pakai yang kalau menurutku harganya agak mahal jika dibandingkan dengan membuat sendiri.

Kemudian ada lagi kasus lain yang disubstitusi dengan kulit lumpia, kalau yang ini menurutku rasanya akan agak berbeda dan juga ukurannya tidak akan sebesar martabak telur pada umumnya, hehehehe. Hmm, sebenarnya mudah kok cara membuat kulit martabak, asalkan mengetahui teknik dan triknya, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara buat kulit martabaknya.

Bahan-bahan:
-  350 gr tepung terigu protein tinggi (contoh: Cakra Kembar)
-  1 butir telur ayam
-  1/2 sdt garam
-  150 ml air hangat
-  250 ml minyak goreng

Cara pembuatan:
  1. Bagi tepung terigu menjadi 2 bagian, yaitu bagian A sebanyak 200 gram dan bagian B sebanyak 150 gram. Kemudian siapkan wadah atau baskom, lalu masukkan tepung terigu bagian A, telur ayam, garam dan air hangat, kemudian aduk dengan menggunakan mixer agar lebih cepat dan adonan menyatu secara merata.

    adonan awal
    adonan awal

  2. Kemudian tambahkan tepung terigu bagian B secara bertahap sedikit demi sedikit, lalu aduk dan uleni dengan menggunakan tangan sampai kalis.

    adonan jadi
    adonan jadi

  3. Kemudian bagi adonan menjadi 8 bagian sama besar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

    adonan kecil
    adonan kecil

  4. Kemudian rendam adonan di dalam minyak goreng. Apabila minyak goreng kurang atau adonan tidak terendam seutuhnya, lapisi atau olesi permukaan adonan yang tidak terendam dengan minyak goreng.

    lapisi dan rendam adonan dengan minyak goreng
    lapisi dan rendam adonan dengan minyak goreng

  5. Kemudian tutup bagian atas baskom dengan kain, lalu diamkan minimal selama sekitar 1 jam.

    diamkan adonan
    diamkan adonan

  6. Setelah itu bentuk adonan menjadi bentuk pipih dan tipis. Kalau aku biasanya membentuknya di atas dulang atau nampan bulat yang pada bagian permukaannya terlebih dahulu dioles dengan minyak goreng, agar adonan tidak lengket dan menempel di dulang ketika adonan dibentuk. ^,^

    bentuk adonan
    bentuk adonan

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment