December 28, 2017

Belacan Sijok (Terasi Sijuk) Khas Belitung

Belacan Sijok (Terasi Sijuk) Khas Belitung
Belacan Sijok (Terasi Sijuk) Khas Belitung

A : "Ka, lagi liburan di Belitung ya? Jangan lupa oleh-olehnya ya, terasi Bangka."
B : "Hah, hmm, oke."

Hop oloh, aku sering agak bingung dan tersenyum menahan tawa kalau mendapat pertanyaan seperti di atas, hihihihi. Dan meskipun aku jelaskan secara detail dan berkali-kali akan tetap percuma, emak-emak alias ibu-ibu tetangga di komplek sekitar rumahku mana mau mengerti kalau antara Belitung dan Bangka itu terpisah jarak sekian jauh, mana berbeda pulau lagi. Hmm, mereka tahunya ya pokoknya ketika aku pulang ya mesti bawa oleh-oleh berupa terasi Bangka, hohohoho.

Sebagai informasi, sebenarnya Pulau Belitung juga mempunyai terasi yang khas, yaitu terasi yang di hasilkan di daerah Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, sebuah kecamatan yang terletak di bagian utara Pulau Belitung (Sekitar 35 kilometer dari Kota Tanjung Pandan). Oleh warga setempat lazim disebut dengan Belacan Sijok.

kemasan yang unik dan khas
kemasan yang unik dan khas

Secara sekilas tampilan terasi Sijuk ini mirip dengan terasi Toboali (Bangka), hanya saja teksturnya lebih kasar dari terasi Toboali. Serta terasi Sijuk dikemas dengan unik, menarik dan khas, yaitu dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman daun lais, tanaman sejenis pandan tetapi berdaun agak kaku dan keras.

tekstur belacan
tekstur belacan

Soal rasa, menurutku terasi Sijuk ini tidak kalah dengan terasi Toboali, hanya saja terasi Sijuk ini kurang bisa disimpan dalam waktu yang lama (kurang tahan lama). Hmm, berdasarkan pengalamanku, terasi akan berubah warna dan rasanya menjadi agak pahit apabila disimpan dalam waktu yang lama. Ya, mungkin karena pengolahannya yang masih tradisional dan tanpa menggunakan bahan pengawet (selain garam).

Nah, bagi anda yang kebetulan atau sedang berlibur di Pulau Belitung dan ditodong dengan pertanyaan menggelikan seperti kasusku di atas, ya tidak ada salahnya deh, anda mencoba belacan Sijok sebagai alternatif pengganti belacan Toboali (Bangka) sebagai oleh-oleh untuk saudara, teman, tetangga dan rekan kerja anda, hehehehe. ^,^

Belacan Sijok khas Pulau Belitung
Belacan Sijok khas Pulau Belitung

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment