November 17, 2017

Sambal Merah Keriting

Sambal Merah Keriting ala Rika
Sambal Merah Keriting ala Rika

Ayo kita nyambel lagi, hehehehe. Hmm, pada tulisan sebelumnya sudah pernah aku singgung tho kalau hidup di Sumatera tiada hari tanpa makan sambal, sambal apapun itu, hahahaha. Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu tentang cara membuat Sambal Merah Keriting, sambal yang kerap aku hidangkan bersama dengan Bubur Ayam, Soto Ayam dan Sate.

Sesuai dengan namanya, sambal ini berwarna merah dan bahan utamanya adalah cabe merah keriting. Hmm, modifikasi dari sambal ini adalah Sambal Hijau Keriting yang menggunakan bahan utama berupa cabe hijau keriting. Jika anda gemar pedas, bisa ditambah dengan cabe rawit dan lada. Tetapi pada kasus kali ini aku hanya menggunakan bahan-bahan berupa cabe merah keriting, garam dan air. Cukup sederhana tho bahan-bahannya? Oke deh, ayo kita mulai acara ulek-ulek sambalnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  10 buah cabe merah keriting
-  1/4 sdt garam
-  2 sdm air hangat
-  Air secukupnya, untuk merebus cabe

cabe merah keriting
cabe merah keriting

Cara pembuatan:
  1. Rebus cabe sampai matang dan terasa lemah.

    rebus cabe
    rebus cabe

  2. Kemudian ulek cabe dan garam. Tingkat kehalusan sambal sesuaikan selera masing-masing, kalau aku biasanya tidak terlalu sampai halus, hehehehe.

    cabe dan garam
    cabe dan garam
    setelah diulek
    setelah diulek

  3. Kemudian taruh sambal ke dalam sebuah mangkok kecil atau wadah sambal. Lalu tambahkan air hangat dan aduk rata.

    sajikan
    sajikan

  4. Tarraaa, Sambal Merah Keriting ala Rika siap untuk dihidangkan sebagai pendamping Bubur Ayam, Soto Ayam, Sate atau menu makanan lainnya. ^,^

    Sambal Merah Keriting ala Rika
    Sambal Merah Keriting ala Rika

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment