November 22, 2017

Rotasi Ban Pada Toyota Kijang Super

Rotasi Ban Toyota Kijang Super
Rotasi Ban Toyota Kijang Super

Yup, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang rotasi ban atau roda pada si Kirun atau Toyota Kijang Super (5K-KF40). Yang perlu diperhatikan dalam merotasi ban atau roda pada sebuah mobil adalah sistem penggerak, ukuran roda dan ban, serta tipe alur (groove) ban.

Poin pertama adalah sistem penggerak. Toyota Kijang Super adalah mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang atau dalam Bahasa Inggris-nya disebut rear wheel drive (rwd). Nah, skema rotasi ban pada mobil rwd berbeda dengan rotasi ban pada mobil fwd (front wheel drive - penggerak roda depan).

Poin kedua adalah ukuran roda dan ban. Umumnya mobil yang tergolong dalam kategori MPV (Multi Purpose Vehicle) atau kendaraan multi guna seperti Kirun menggunakan roda dan ban berukuran sama atau identik di setiap roda atau bannya. Maksudnya ukuran semua roda dan ban adalah sama, misalnya semua roda berukuran diameter 14 inch dengan ban berukuran 185/70-14.

Poin ketiga adalah tipe alur (groove) ban. Mobil kategori MPV lazimnya menggunakan ban dengan tipe alur simetris, walaupun ada juga yang menggunakan ban bertipe alur asimetris dan direksional (searah).

Nah, berikut adalah gambar skema rotasi ban atau roda pada mobil berpenggerak roda belakang (rwd) dengan kondisi semua ban identik dan tipe alur simetris (symmetric) atau simetris tanpa tanda arah (non-directional asymmetric).

-  Skema rotasi 5 ban (dengan ban serep/cadangan):

skema rotasi 5 ban - rwd
skema rotasi 5 ban - rwd

  • Ban atau roda cadangan dipasang ke posisi depan-kiri.
  • Ban atau roda depan-kiri dipindah ke posisi belakang-kanan.
  • Ban atau roda belakang-kanan dipindah ke posisi depan-kanan.
  • Ban atau roda depan-kanan dipindah ke posisi belakang-kiri.
  • Ban atau roda belakang-kiri menjadi ban cadangan.

-  Skema rotasi 4 ban (tanpa ban serep/cadangan):

skema rotasi 4 ban - rwd
skema rotasi 4 ban - rwd

  • Ban atau roda belakang-kanan dipindah ke posisi depan-kanan.
  • Ban atau roda depan-kanan dipindah ke posisi belakang-kiri.
  • Ban atau roda belakang-kiri dipindah ke posisi depan-kiri.
  • Ban atau roda depan-kiri dipindah ke posisi belakang-kanan.

Hmm, penjelasan skema di atas berlaku untuk mobil berpenggerak roda belakang dengan syarat semua ban identik dan tipe alur ban adalah simetris atau asimetris tanpa tanda arah. Nah, masalahnya jenis ban yang terpasang di Kirun berbeda antara ban depan dan ban belakang, hehehehe. Sebagai informasi, ban depan menggunakan GT Radial Champiro Eco-G, sementara ban belakang dan ban cadangan menggunakan ban GT Radial GTR-378.

Karena perbedaan tipe ban tersebut maka skema rotasi ban pada Kirun pun juga berbeda. Secara mudahnya ban hanya dapat dirotasi secara horizontal atau kiri-kanan. Ban depan sebelah kanan ditukar posisi dengan ban depan sebelah kiri, sementara ban belakang dan ban cadangan dirotasi pola segitiga atau saling menggantikan. Gambaran skemanya sebagai berikut.

skema rotasi ala Kirun
skema rotasi ala Kirun

  • Ban atau roda depan-kanan dipindah ke posisi depan-kiri.
  • Ban atau roda depan-kiri dipindah ke posisi depan-kanan.
  • Ban atau roda cadangan dipasang ke posisi belakang-kiri.
  • Ban atau roda belakang-kiri dipindah ke posisi belakang-kanan.
  • Ban atau roda belakang-kanan menjadi ban cadangan.

Hehehehe, mudah dipahami tho? Rotasi ban ala Kirun ini adalah rotasi ban ala hemat. Kenapa aku sebut hemat? Yup, karena penggantian ban bisa dicicil, dalam artian kita hanya perlu mengganti dua ban (jika ban depan) atau tiga ban (jika ban belakang dan cadangan) saja ketika jadwal penggantian ban, dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Jadi jadwal penggantian ban yang (anggaplah) setiap 6 tahun sekali per 5 ban, bisa dicicil menjadi (anggaplah) setiap 3 tahun sekali per 2 atau 3 ban. Walaupun secara hitungan total adalah sama, tetapi rasanya mengeluarkan biaya untuk 2 atau 3 ban dalam 1 waktu akan lebih ringan daripada mengeluarkan biaya untuk 5 ban dalam 1 waktu, hehehehe. ^,^


Artikel terkait:

3 comments:

  1. Mba aku akbar aku boleh ngobrol sama mba perihal naik motor perjalanan dri lampung ke jakarta, aku nyari email mba susah dan udh aku ig mba tapi posan mba trkhir bulan juni. Mohon mba dibalas . Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. via pesbuk, oom. soalnya aku lebih aktif di pesbuk. ^,^

      Delete
  2. Mohon dan nuhun mba karna saya bsok pagi mau brangkat

    ReplyDelete