November 24, 2017

Membuka Speedometer Toyota Kijang Super

Panel Speedometer Toyota Kijang Super
Panel Speedometer Toyota Kijang Super

Hmm, pada tulisan tentang Kirun sebelumnya ada pembaca yang bertanya tentang bagaimana caranya membuka panel speedometer pada mobil Toyota Kijang Super. Sebenarnya sangat mudah membuka panel speedometer pada mobil ini karena cukup membuka atau melepas cover panel dan panel speedometer-nya saja, tidak perlu sampai membongkar seluruh dashboard segala, hehehehe.

Oh iya, aku pernah membuka panel speedometer pada mobil ini karena mengalami sedikit masalah sekitar hampir tiga tahun yang lalu (kalau tidak salah sekitar awal tahun 2015). Kasus yang terjadi pada waktu itu adalah tidak stabilnya jarum petunjuk kecepatan (bergerak naik-turun tidak seperti biasanya) dan terdengar bunyi sreeett, sreeett, sreeettt (seperti suara plastik bergesekan) dari sekitar panel speedometer apabila mobil dipacu di kecepatan antara 40 sampai 60 km/jam. Aneh sekali bukan? Huhuhuhu.

Karena terganggu dengan bunyi yang ditimbulkan tersebut akhirnya aku coba memberanikan diri untuk membongkar panel speedometer untuk mencari sumber permasalahannya dan mencari solusinya. Siapa tahu masalahnya ringan dan bisa segera diatasi, hehehehe. Oh iya, seperti biasa sebelum melakukan eksekusi aku terlebih dahulu berkonsultasi dengan mamasku yang lebih paham dan mengerti seluk-beluk mobil ini. Hmm, intermezzo, pada waktu itu (sekitar tahun 2015) mamasku sedang berada di negeri seberang, jadinya ketika aku mengalami kesulitan atau buntu dengan permasalahan yang aku hadapi, ya aku menghubunginya secara langsung dan dipandu dari jarak jauh, hehehehe.

Oke deh, kalau sudah siap ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.

Peralatan yang diperlukan:
-  obeng (+)
-  kain lap
-  kuas kecil atau bekas sikat gigi
-  cairan WD-40

Berikut caranya.
  1. Lepas 4 buah sekrup pengunci yang terletak di bagian kanan, kiri dan bawah dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah). Kemudian angkat dan lepaskan perlahan cover panel speedometer.

    sekrup pengunci di bagian kanan
    sekrup pengunci di bagian kanan
    sekrup pengunci di bagian kiri
    sekrup pengunci di bagian kiri

  2. Lalu lepaskan 4 buah sekrup pengunci dudukan panel speedometer dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    lepaskan sekrup pengunci
    lepaskan sekrup pengunci

  3. Lalu angkat atau tarik ke atas panel speedometer secara perlahan. Nah, kemudian lepaskan konektor speedometer (lihat panah A), lalu bersihkan konektor tersebut. Semprotkan cairan WD-40 lalu bersihkan dengan kain lap. Apabila ada masalah dengan lampu-lampu indikator atau panel selain speedometer, lepaskan dan bersihkan juga konektor lainnya (lihat panah B).

    bersihkan konektor
    bersihkan konektor

  4. Setelah proses pembersihan selesai, kemudian pasang kembali konektor tersebut ke tempat semula, pastikan terpasang dengan benar. Lalu tempatkan kembali panel speedometer pada dudukannya, kemudian pasang kembali dan kencangkan 4 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali sekrup pengunci
    pasang kembali sekrup pengunci

  5. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengujian atau pengetesan. Hmm, metode pengujian mungkin saja berbeda karena tergantung permasalahan yang dialami. Karena kasus yang aku alami adalah tidak berfungsinya speedometer dengan baik, yaitu jarum petunjuk kecepatan bergerak agak kacau, tidak beraturan dan tidak lazim, serta terdengar suara sreeett, sreeett, sreeettt seperti ada plastik bergesekan pada saat speedometer menunjukkan kecepatan di antara 40-60 km/jam. Jadi pengujian yang dilakukan adalah dengan cara mengendarai mobil tersebut.
    Nah, kenapa cover panel speedometer sengaja belum aku pasang pada saat pengujian, ya karena apabila permasalahan belum selesai dan perlu dilakukan pembongkaran panel speedometer lagi, kita tidak perlu repot untuk melepas cover panel speedometer lagi.
  6. Alhamdulillah, karena permasalahanku kali ini telah selesai dan teratasi dengan hanya membersihkan dan mengencangkan kembali konektor speedometer, maka acara selanjutnya adalah memasang kembali cover panel speedometer. Yup, pasang kembali cover-nya dan pasang serta kencangkan kembali 4 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali sekrup pengunci (1)
    pasang kembali sekrup pengunci (1)
    pasang kembali sekrup pengunci (2)
    pasang kembali sekrup pengunci (2)

  7. Selesai. ^,^

    selesai
    selesai

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment