October 10, 2017

Membuat Troli Sederhana

Troli Sederhana
Troli Sederhana

Kegiatan iseng-iseng kali ini adalah membuat troli (kereta sorong) sederhana dengan memanfaatkan barang-barang bekas dan barang-barang tidak terpakai. Tujuanku membuat troli sederhana ini adalah untuk alat bantu angkut barang di sekitar rumahku, karena dengan troli sederhana dapat menghemat tenaga kita dalam hal angkut-mengangkut barang, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai kegiatan iseng-isengnya.
  1. Siapkan bahan-bahan. Pada kasus kali ini aku menggunakan bahan-bahan dari barang-barang bekas dan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Sebagai dasar atau alas aku menggunakan potongan papan yang tidak terpakai, kemudian aku juga menggunakan roda dari bekas tas yang tasnya sudah rusak, lalu sebagai gagang atau pegangannya aku memanfaatkan gagang bekas tas koper travel yang juga sudah rusak, hehehehe.

    bahan-bahan
    bahan-bahan

  2. Lalu siapkan juga bahan pelengkap berupa sekrup, baut dan mur. Sekrup berjumlah 16 buah yang berguna untuk mengaitkan roda dengan papan alas (roda berjumlah 4 buah yang setiap roda dikunci dengan 4 buah sekrup), ukuran sekrup disesuaikan dengan ukuran lubang pengait pada roda. Sementara baut dan mur masing-masing berjumlah 4 buah, aku menggunakan baut dan mur ukuran 11'.

    bahan pelengkap
    bahan pelengkap

  3. Kemudian siapkan peralatan berupa obeng, bor dengan mata bor ukuran 6', kunci sok (bisa juga menggunakan kunci ring atau kunci pas) ukuran 11' dan pensil.

    peralatan
    peralatan

  4. Setelah semua bahan-bahan dan peralatan siap sekarang waktunya merangkai bahan-bahan tersebut. Karena papan alas yang akan aku gunakan sudah terbentuk dan menurutku sudah sesuai ukuran yang kuinginkan, jadinya aku langsung ke langkah berikutnya, yaitu menentukan posisi roda pada papan alas. Dalam menentukan posisi roda harus tepat, seimbang dan tidak menganggu kelancaran alur atau jalannya roda.

    menentukan posisi roda
    menentukan posisi roda
    titik lubang roda
    titik lubang roda

  5. Kemudian lubangi titik-titik lubang sekrup tersebut dengan menggunakan sekrup dan obeng. Aku putuskan untuk melubanginya terlebih dahulu tanpa langsung memasang roda karena papan yang digunakan sangat keras, tujuannya agar nanti ketika penyekrupan roda ke papan tidak terlalu sulit.

    proses melubangi lubang sekrup roda
    proses melubangi lubang sekrup roda
    lubang sekrup roda
    lubang sekrup roda

  6. Lalu pasang ke-empat roda pada tempat yang telah ditentukan, kemudian pasang dan kencangkan sekrupnya dengan menggunakan obeng.

    roda telah terpasang
    roda telah terpasang

  7. Kemudian tentukan titik lubang baut pada papan alas untuk mengaitkan tongkat gagang. Pastikan posisi tongkat gagang nantinya setelah dipasang terletak di tengah-tengah. Beri tanda dengan menggunakan pensil, kemudian lubangi titik tersebut dengan menggunakan bor.

    tentukan titik lubang baut tongkat gagang
    tentukan titik lubang baut tongkat gagang
    lubang baut telah dibuat

  8. Kemudian uji lubang baut yang telah dibuat, apakah pas dengan ukuran bautnya. Dan ternyata lubang baut yang dilubangi menggunakan mata bor ukuran 6' pas dengan baut ukuran 11' (lihat tanda panah).

    uji lubang baut
    uji lubang baut

  9. Kemudian buat lubang baut pada tongkat gagang dengan menggunakan bor. Lalu pasang dan satukan tongkat gagang dengan papan alas, pasang dan kencangkan baut serta murnya dengan menggunakan kunci sok (lihat tanda panah).

    tongkat gagang telah dipasang
    tongkat gagang telah dipasang

  10. Nah, kemudian lakukan uji kekuatan dan kenyamanan troli sederhana tersebut. Sebagai sampel aku menggunakan ban bekas mobil, tabung gas 12 kilogram dan jerigen yang berisi air secara bergantian. Dan hasilnya troli sederhana tersebut cukup kuat dan nyaman digunakan untuk mengangkut beban-beban tersebut.

    uji kekuatan
    uji kekuatan

  11. Selanjutnya adalah mengukur tinggi tongkat gagang dan memasang baut dan mur tambahan pada tongkat gagang agar tongkat gagang bertambah kuat (lihat tanda panah). Gunakan bor untuk melubangi tongkat gagang, kemudian pasang lalu kencangkan baut dan murnya dengan menggunakan kunci sok.

    pasang baut tambahan
    pasang baut tambahan

  12. Selesai. ^,^

No comments:

Post a Comment