September 1, 2017

Telur Ceplok Laiqa

Telur Ceplok Laiqa
Telur Ceplok Laiqa

Telur Ceplok atau Telur Mata Sapi. Hmm, makanan hasil olahan telur ayam yang sangat sederhana ini sangat populer dan merakyat. Bagaimana tidak? Selain cara membuatnya yang sangat mudah, Telur Ceplok adalah menu sederhana, menu cepat saji, menu penyelamat dan menu darurat di setiap rumah (kecuali anda alergi atau pantangan dengan yang namanya telur ayam). Hayo, ngaku! Hohohoho.

Kenapa judul tulisan ini aku beri nama Telur Ceplok Laiqa? Bukan Telur Ceplok Rika, Telur Ceplok Karina (Ain) atau pun Telur Ceplok Njo? Yup, karena menu ini adalah spesial sesuai selera salah seorang keponakanku, Si Laiqa (Leka). Ain, Leka dan Njo, walaupun dilahirkan dari rahim yang sama (Mbak Mila), akan tetapi soal selera makanan ada beberapa perbedaan. Salah satu contohnya ya pasal Telur Ceplok ini, hehehehe.

Kalau si sulung Ain lebih suka Telur Ceplok dengan kondisi matang sempurna atau matang seutuhnya dan juga mesti garing. Sementara si nomor dua Leka lebih suka Telur Ceplok dengan kondisi kuning telurnya setengah matang dan juga agak garing, dalam artian ketika kuning telurnya disentuh akan meleleh atau melumer, lebih terasa manis dan hyummy menurutnya. Hmm, ini baru Ain dan Leka lho, si bungsu Njo belum ikut-ikutan karena masih kecil. Ribet? Ya, tidak juga sih, kalau menurutku malah lebih menantang karena bisa membuat satu menu makanan dengan cita rasa dan selera yang berbeda.

Oke deh, ayo kita coba membuat Telur Ceplok sesuai selera dan permintaan Tuan Puteri Laiqa, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  1 butir telur ayam
-  3 sdm minyak goreng
-  garam secukupnya
-  merica bubuk secukupnya
-  irisan daun seledri secukupnya
-  bawang goreng secukupnya
-  kecap manis secukupnya
-  saus sambal secukupnya

Cara pembuatan:
  1. Panaskan minyak goreng. Gunakan api kecil.

    panaskan minyak
    panaskan minyak

  2. Kemudian ceplok telur tepat di atas minyak dan di tengah-tengah penggorengan. Lalu taburi garam dan merica bubuk. Karena hasil yang diharapkan adalah telur yang garing di bagian bawah dan tepi, tetapi bagian kuningnya setengah matang, maka proses menggorengnya harus pas, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama. Caranya, tunggu sampai bagian tepinya berwarna agak kecokelatan (tanda garing), lalu balik telurnya. Proses membalik telur juga harus hati-hati (kalau belum terbiasa), agar tidak terlalu pecah pada bagian kuning telurnya. Dan juga setelah dibalik, cukup sebentar saja agar bagian kuning telurnya dalam kondisi setengah matang.

    proses menggoreng
    proses menggoreng

  3. Kemudian sajikan dalam sebuah piring. Lalu taburi daun seledri dan bawang goreng, serta hias dengan kecap manis dan saus sambal.

    sajikan
    sajikan

  4. Tarraaa, Telur Ceplok Laiqa siap untuk dinikmati. ^,^

    Telur Ceplok Laiqa (1)
    Telur Ceplok Laiqa (1)
    Telur Ceplok Laiqa (2)
    Telur Ceplok Laiqa (2)

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment