September 15, 2017

Sambal Matah

Sambal Matah ala Rika
Sambal Matah ala Rika

Sambal Matah adalah sambal khas dari Pulau Dewata, Bali. Dalam Bahasa Indonesia 'matah' artinya 'mentah'. Nah, dari namanya saja sudah ketahuan bahwa sambal khas Bali ini adalah salah satu jenis sambal mentah atau tidak perlu dimasak dalam proses pembuatannya. Biasanya sambal ini disajikan sebagai pelengkap menu utama seperti ikan bakar, ayam bakar, ayam betutu, bebek goreng, dan sebagainya.

Proses pembuatan sambal matah sangatlah mudah, mayoritas bahan-bahannya hanya diiris tipis dan sambal ini tidak perlu diulek atau digerus seperti sambal lainnya. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara buat sambalnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  5 buah cabe rawit merah
-  7 siung bawang merah
-  2 siung bawang putih
-  1 batang serai
-  2 lembar daun jeruk
-  1/2 sdt garam
-  1 sdt gula pasir
-  1/2 sdt terasi sangrai
-  1 buah jeruk sambal
-  3 sdm minyak goreng (lebih nikmat jika pakai minyak jelantah)

aneka bahan
aneka bahan


Cara pembuatan:
  1. Iris tipis cabe, bawang merah dan bawang putih. Sementara serai ambil bagian putihnya (batang bagian bawah) lalu iris tipis. Untuk daun jeruk buang tulang daunnya lalu iris tipis.

    siapkan bahan-bahan
    siapkan bahan-bahan

  2. Kemudian siapkan sebuah wadah, lalu masukkan cabe, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, garam, gula pasir dan terasi. Lalu tambahkan minyak goreng, untuk lebih nikmat gunakan minyak jelantah (minyak bekas menggoreng ikan atau ayam) dalam keadaan panas. Kemudian tambahkan juga air perasan jeruk sambal. Setelah semua bahan ditambahkan, lalu aduk rata. Proses mengaduk dapat menggunakan tangan atau sendok sambil ditekan-tekan agar aroma dan rasa semua bahan dapat keluar dan menyatu.

    proses pembuatan
    proses pembuatan

  3. Apabila semua bahan telah tercampur rata, maka sambal matah siap untuk disajikan.

    sajikan
    sajikan

  4. Tarraaa, Sambal Matah ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Sambal Matah ala Rika
    Sambal Matah ala Rika

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment