September 21, 2017

Jenis Tepung Terigu Bogasari

Tepung Terigu Bogasari
Tepung Terigu Bogasari

Apabila anda suka membaca tentang resep makanan terutama jenis kue, roti dan jenis makanan lainnya yang menggunakan bahan utama tepung terigu, pasti anda sering menjumpai kata-kata seperti 'tepung terigu protein tinggi', 'tepung terigu protein sedang' dan 'tepung terigu protein rendah'. Hmm, lantas apa sih perbedaannya dan apakah sangat berpengaruh dengan hasil makanan yang akan dibuat?

Yup, membahas kandungan protein pada tepung terigu artinya membahas tentang gluten. Apa itu gluten? Definisi mudahnya, gluten adalah kandungan pada tepung terigu yang menentukan tingkat kekenyalan, elastisitas dan sifat mengembang pada adonan yang berbahan dasar tepung terigu. Semakin banyak gluten pada tepung terigu tersebut, maka semakin tinggi juga kandungan protein-nya.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang tiga produk tepung terigu yang diproduksi oleh Bogasari, secara tepung terigu keluaran Bogasari inilah yang umumnya tersedia dan mudah ditemukan di pasar. Tiga produk tepung terigu Bogasari yang termasuk kategori Consumer Pack Premium (CPP) adalah Cakra Kembar, Segitiga Biru dan Kunci Biru yang dipasarkan dalam kemasan 1 kilogram. Hmm, mau tahu apa perbedaannya? Oke deh, silahkan baca penjelasan berikut, hehehehe.
  1. Cakra Kembar (Protein Tinggi)
    Cakra Kembar adalah tepung terigu dengan kandungan protein tinggi, tepung terigu ini digunakan untuk pembuatan roti, mie dan kue yang bertekstur lembut, kenyal dan mengembang. Karena kandungan protein-nya lebih tinggi maka harga tepung terigu Cakra Kembar lebih mahal daripada tepung terigu Segitiga Biru dan Kunci Biru.

    Cakra Kembar
    Cakra Kembar
    kandungan protein = 12
    kandungan protein = 12

  2. Segitiga Biru (Protein Sedang)
    Segitiga Biru adalah tepung terigu dengan kandungan protein sedang, tepung ini sering juga disebut dengan tepung terigu serbaguna karena bisa digunakan untuk aneka makanan dan kue. Bisa digunakan untuk membuat makanan seperti gorengan dan kue-kue yang tidak membutuhkan tepung terigu dengan spesifikasi khusus. Jika anda membaca resep makanan yang salah satu bahannya hanya tertulis 'tepung terigu' artinya tepung terigu yang diperlukan adalah tepung terigu protein sedang. Dari segi harga, tepung terigu Segitiga Biru harganya berada di antara harga tepung terigu Cakra Kembar dan Kunci Biru.

    Segitiga Biru
    Segitiga Biru
    kandungan protein = 10
    kandungan protein = 10

  3. Kunci Biru (Protein Rendah)
    Kunci Biru adalah tepung terigu dengan kandungan protein rendah, tepung terigu ini digunakan untuk pembuatan crackers, wafel, biskuit, kerupuk dan kue yang bertekstur kering dan renyah. Tepung terigu Kunci Biru harganya adalah yang paling murah dari tepung terigu Cakra Kembar dan Segitiga biru.

    Kunci Biru
    Kunci Biru
    kandungan protein = 8
    kandungan protein = 8

No comments:

Post a Comment