May 12, 2017

Pengaturan Komentar Di Blogspot

Pengaturan Komentar Di Blogspot
Pengaturan Komentar Di Blogspot

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang pengaturan komentar pada blog yang menggunakan platform Blogspot. Pengaturan komentar perlu dilakukan oleh administrator blog karena komentar dari pengunjung sangat berharga bagi sebuah blog. Akan tetapi ada juga pengunjung yang tidak atau kurang sopan atau kurang beretika ketika menuliskan komentar di suatu halaman situs atau blog. Selain itu ada juga pengunjung yang secara sengaja menuliskan komentar berupa tautan ke sebuah situs yang berbahaya atau situs yang mengandung virus, malware atau spyware.

Oke deh, berikut cara mengatur komentar pada blog yang ber-platform Blogspot.
  1. Login ke dashboard blog, kemudian klik 'Setelan' (lihat panah A), lalu klik 'Pos, komentar, dan berbagi' (lihat panah B).

    langkah 1
    langkah 1

  2. A. Lokasi komentar: Tersemat
    B. Siapa yang dapat mengomentari: Semua Orang (termasuk Anonymous)
    C. Moderasi komentar: Selalu
    D. Tampilkan verifikasi kata: Tidak
    E. Tampilkan tautan balik: Tampilkan
    F. Pesan formulir komentar: Abaikan

    langkah 2
    langkah 2

  3. Setelah itu klik 'Simpan setelan' (lihat tanda panah). Selesai. ^,^

    langkah 3
    langkah 3

Hmm, karena komentar diatur ke pilihan moderasi selalu, maka setiap ada komentar yang ditulis oleh pengunjung tidak akan langsung muncul di halaman blog ketika si pengunjung tersebut selesai menulis komentarnya. Diperlukan konfirmasi oleh administrator blog tersebut untuk menerbitkan komentar dari pengunjung tersebut.

Ada nilai plus-minus-nya. Plus-nya si administrator blog bisa menyaring dan memilih apakah komentar yang ditulis oleh pengunjung pantas dan harus dipublikasikan atau tidak. Contoh komentar yang tidak pantas dipublikasikan adalah komentar yang mengandung kata-kata kurang pantas atau berbau SARA serta ujaran kebencian. Selain itu juga ada pengunjung yang menyertakan tautan aktif yang menuju ke halaman situs yang berbahaya atau tidak sesuai dengan topik artikel, dan atau komentar yang dikategorikan tidak sesuai dengan administrator blog tersebut.

Sementara nilai minus-nya adalah si administrator blog harus sering aktif memantau aktivitas blognya, karena selama si administrator blog belum mengkonfirmasi dan mempublikasikan komentar yang ditulis pengunjung, maka komentar tersebut sampai kapan pun tidak akan pernah muncul di blog tersebut.

Nah, berikut cara mempublikasikan komentar yang statusnya ditangguhkan atau menunggu moderasi.

mempublikasikan komentar yang menunggu moderasi
mempublikasikan komentar yang menunggu moderasi
  1. Secara otomatis akan ada pemberitahuan yang masuk ke email tentang ada komentar dari pengunjung di blog anda.
  2. Login dan masuk ke dashboard blog anda.
  3. Klik 'Komentar', lalu klik 'Menunggu moderasi' (lihat panah A).
  4. Akan muncul komentar yang statusnya menunggu moderasi. Untuk mempublikasikannya, arahkan kursor di sekitar komentar, akan muncul pilihan 'Publikasikan | Hapus | Spam'. Klik 'Publikasikan' (lihat panah B).
  5. Untuk melihatnya, tujulah artikel blog anda di mana komentar tersebut berada. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment