April 24, 2017

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super
Toyota Kijang Super

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman bertanya kepadaku pasal di mana letak nomor rangka mobil Toyota Kijang Super. Hmm, sebenarnya sangat mudah melihat nomor rangka pada mobil Toyota Kijang Super karena letaknya sangat mudah dilihat dan dijangkau. Oke deh, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan di mana letak nomor rangka dan nomor mesin pada mobil Toyota Kijang Super.

Nomor rangka terletak pada chassis (sasis) bagian depan sebelah kanan, letaknya berada di sekitar bagian sebelah dalam antara ban depan sebelah kanan dan bumper depan (lihat tanda panah).

letak nomor rangka (1)
letak nomor rangka (1)

Penampakan lebih dekat (lihat tanda panah pada gambar di bawah). Sebagai informasi, untuk tipe short chassis atau sasis pendek, nomor rangka diawali dengan kode 'KF40'. Sementara untuk tipe long chassis atau sasis panjang, nomor rangka diawali dengan kode 'KF50'.

letak nomor rangka (2)
letak nomor rangka (2)

Untuk melihat nomor mesin, buka kap mesin terlebih dulu. Kemudian perhatikan di sekitar mesin sebelah kanan. Nomor mesin terletak di sekitar bagian bawah busi nomor 3 dan 4, atau tak jauh dari filter oli mesin (lihat tanda panah). Nomor mesin diawali dengan kode '5K' untuk yang menggunakan mesin 5K.

letak nomor mesin
letak nomor mesin

Nah, setelah mengetahui nomor rangka dan nomor mesin secara fisik yang melekat di fisik mobil, lakukan pencocokan atau cross-check dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Karena nomor rangka dan nomor mesin secara fisik harus cocok dengan nomor rangka dan nomor mesin secara berkas surat menyurat. ^,^

No comments:

Post a Comment