April 24, 2017

Mengganti Bohlam Lampu Sein Samping Dan Lampu Senja Kijang Super

Lampu Sein Samping Dan Lampu Senja
Lampu Sein Samping Dan Lampu Senja

Yeah, akhirnya aku kembali membuat tulisan tentang otomotif lagi, hehehehe. Sudah lama aku tidak membahas pasal otomotif di blog antah-berantah ini. Jika anda sering mengunjungi atau nyasar di blog ini, anda pasti paham kalau akhir-akhir ini materi tulisan di blog ini lebih sering membahas tentang makanan dan jalan-jalan atau travelling, hehehehe.

Pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang cara mengganti bohlam lampu sein bagian samping dan lampu senja pada mobil Toyota Kijang Super. Hmm, atau bisa dibilang juga lampu untuk Kijang Grand, karena rumah lampu yang dipasang pada mobilku adalah tipe lampu sein dan lampu senja untuk Kijang Grand, walaupun aslinya adalah Kijang Super, istilahnya Kijang Super facelift Kijang Grand, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya.
  1. Siapkan peralatan berupa obeng (+).

    obeng
    obeng

  2. Buka kap mesin, lalu lepaskan sekrup pengunci lampu sein dan lampu senja (lihat tanda panah).

    lepas sekrup bagian atas
    lepas sekrup bagian atas

  3. Kemudian lepaskan dua buah sekrup pengunci yang ada di bagian samping (lihat tanda panah).

    lepas kedua sekrup bagian samping
    lepas kedua sekrup bagian samping

  4. Nah, sekarang lepas lampu sein samping dan lampu senja dari bagian body mobil. Kemudian lepaskan fitting lampu sein (panah A) dan fitting lampu senja (panah B) dari rumah lampu, caranya dengan memutarnya 90 derajat ke arah kiri, kemudian keluarkan dari rumah lampu.

    lepas fitting dari rumah lampu
    lepas fitting dari rumah lampu

  5. Kemudian lepas bohlam dari fitting, caranya dengan menariknya perlahan (lihat tanda panah), karena bohlam sein adalah bohlam model tancap (bohlam model T10).

    lepas bohlam dari fitting
    lepas bohlam dari fitting

  6. Sekarang periksa kondisi fisik bohlamnya, apakah masih layak pakai atau tidak. Pada kasusku kali ini terlihat bohlam lama sudah berwarna kehitaman dan cahayanya sudah agak redup, jadi aku putuskan untuk menggantinya dengan bohlam baru. Oh iya, jenis bohlamnya adalah bohlam model T10 dengan ukuran 5 watt 12 volt.

    bohlam lampu baru dan lampu lama
    bohlam lampu baru dan lampu lama

  7. Kemudian pasang bohlam baru ke fitting, caranya cukup menancapnya atau menekannya ke dalam fitting (lihat tanda panah). Setelah bohlam terpasang, coba tes nyala bohlam dan fungsi bohlam. Apabila tidak ada masalah lanjutkan ke langkah berikutnya, jika ada masalah atau tidak bohlam menyala atau nyalanya redup atau bohlam tidak mau berkedip (untuk lampu sein), periksa kembali pemasangan bohlam dan fitting serta kabel di sekitar.

    pasang kembali bohlam ke fitting
    pasang kembali bohlam ke fitting

  8. Kemudian pasang kembali fitting ke rumah lampu.

    pasang kembali fitting ke rumah lampu
    pasang kembali fitting ke rumah lampu

  9. Lalu pasang kembali lampu sein dan lampu senja ke bagian body mobil, lalu pasang kembali dan kencangkan kedua sekrup pengunci bagian samping (lihat tanda panah).

    pasang dan kencangkan sekrup bagian samping
    pasang dan kencangkan sekrup bagian samping

  10. Kemudian pasang kembali dan kencangkan sekrup pengunci bagian atas (lihat tanda panah).

    pasang dan kencangkan sekrup bagian atas
    pasang dan kencangkan sekrup bagian atas

  11. Terakhir, tes kembali nyala dan fungsi lampu. Jika dapat menyala dan berfungsi normal artinya acara main bengkel-bengkelan kita kali ini berhasil dan selesai. ^,^

    lampu sein dan lampu senja berfungsi seperti semula
    lampu sein dan lampu senja berfungsi seperti semula

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment