February 2, 2017

Tips Memilih Telapak (Sol) Sepatu Futsal

Sepatu Futsal
Sepatu Futsal

Hmm, ada yang sedang mencari atau ingin membeli sepatu futsal? Ada baiknya baca tulisan ini dulu deh, heheheheYup, pada tulisan kali ini aku akan memberikan tips dan berbagi pengalaman dalam hal memilih sepatu futsal, kali ini aku fokuskan pada pemilihan sol (outsole) atau telapak sepatu yang akan digunakan dalam bermain futsal.

Karena sol sepatu berhubungan langsung dengan permukaan lapangan yang digunakan, pemilihan sol sepatu yang tepat dapat menunjang kelancaran, kelincahan dan keluwesan gerak kaki pada saat bermain futsal. Dan yang lebih penting adalah tentang keseimbangan pemain di mana berhubungan dengan masalah cedera pemain. Maka dari itu pemilihan sol sepatu yang tepat adalah salah satu hal yang penting.

Lapangan futsal terdiri dari beberapa jenis permukaan, seperti parket, karpet, matras, vinyl dan taraflex. Permukaan lapangan ini rata, jadi diperlukan sepatu dengan sol yang rata juga. Istilahnya sepatu dengan kode IC atau Indoor Court.

lapangan parket
lapangan parket
lapangan karpet, matras atau vinyl
lapangan karpet, matras atau vinyl

Beberapa contoh permukaan lapangan di atas adalah permukaan lapangan yang dianjurkan dan sesuai dengan standar FIFA (Federasi Sepakbola Internasional). Nah, akan tetapi kasus di lapangan sekitar kita tak jarang kita jumpai lapangan futsal yang permukaannya adalah semen, pavin blok, tanah liat atau bahkan ada juga yang bermain futsal di atas permukaan jalan atau aspal, karena keterbatasan lahan untuk bermain futsal. Padahal bermain di atas permukaan lapangan tersebut sangat rentan terjadi cedera.

Sama seperti di permukaan lapangan standar FIFA, bermain futsal di atas permukaan lapangan yang aku sebut di paragraf sebelumnya, sepatu yang sebaiknya digunakan adalah sepatu dengan sol rata. Kecuali pada kasus di permukaan tanah liat, sebaiknya menggunakan sol sepatu yang agak bergerigi.

lapangan semen
lapangan semen
lapangan pavin block
lapangan pavin block

Selain dari yang sudah aku sebutkan di atas, ada juga lapangan futsal yang menggunakan rumput sintetis (buatan) sebagai permukaan lapangan futsal, seperti yang banyak dijumpai di tempat-tempat penyewaan lapangan futsal. Nah, untuk jenis permukaan yang satu ini sebaiknya menggunakan sepatu dengan sol agak bergerigi atau istilahnya sepatu dengan kode TF, TT atau Turf.

lapangan rumput sintetis
lapangan rumput sintetis

Setelah tahu dan mengerti akan dipakai di lapangan dengan permukaan apa sepatu futsal tersebut, sekarang saatnya menentukan pilihan untuk sol sepatu. Secara umum sepatu futsal yang beredar di pasar Indonesia terdiri dari dua pilihan sol sepatu, yaitu sepatu dengan kode IC (Indoor Court) dan kode TF atau TT (Turf).

Sepatu dengan kode IC dikhususkan untuk permukaan lapangan yang rata, seperti permukaan parket, karpet, matras, vinyl, taraflex, semen dan paving block. Sementara sepatu dengan kode TF dikhususkan untuk permukaan lapangan seperti rumput sintetis dan tanah liat.

Lantas bagaimana jika sepatu berkode IC dipakai di atas permukaan rumput sintesis dan tanah liat, dan juga sebaliknya sepatu berkode TF dipakai di atas permukaan rata? Hmm, menurut pengalamanku sih masih bisa digunakan, hanya kurang maksimal dan agak licin atau kurang menggigit atau kurang nge-grip istilahnya, terutama untuk pemain bertipe pelari kencang atau yang gemar berakselerasi atau bermanuver. Yang ditakutkan adalah keseimbangan pemain menjadi terganggu dan tidak maksimal, yang bisa mengakibatkan terjatuh atau terkilir dan cedera.

Oke deh, sekarang sudah mengerti kan sepatu futsal yang bagaimana yang mesti dibeli? Hehehehe. Hmm, sebagai gambaran perbedaan antara sepatu futsal mode IC (Indoor Court) dan TF (Turf), silahkan perhatikan gambar di bawah ini. ^,^

contoh sepatu futsal adidas
contoh sepatu futsal adidas
contoh sepatu futsal nike
contoh sepatu futsal nike

Artikel terkait:

1 comment: