January 3, 2017

Migrasi Ke Zona Bebas: Open Office

Open Office 4
Open Office 4

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan salah satu program aplikasi kantor yang bisa didapatkan dan digunakan secara bebas, dalam artian pengguna tidak perlu membeli izin atau lisensi produk tersebut untuk dapat menggunakan program aplikasi tersebut. Secara umum yang terlihat di lapangan untuk program aplikasi kantor, pengguna awam lebih kenal dan akrab dengan yang namanya Microsoft Office yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, dan Access (secara yang paling banyak dipakai adalah keempat aplikasi ini). Tetapi apakah anda tahu atau sadar kalau aplikasi tersebut berlisensi? Hmm, anda tahu berapa harga legal-nya? ^,^

Nah, program aplikasi yang akan aku jelaskan pada tulisan ini bernama Open Office (ketika tulisan ini diterbitkan versinya 4.1.3). Aplikasi ini bisa diunduh secara bebas dan gratis, serta bisa digunakan dengan bebas dan gratis pula. Aplikasi ini merupakan salah satu solusi bagi pengguna yang ingin menggunakan program aplikasi kantor tetapi terkendala dengan masalah lisensi atau yang tidak mau keluar uang untuk membeli program aplikasi, hehehehe. Menurutku aplikasi yang ditawarkan Open Office cukup bisa diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan kantor skala kecil atau menengah, di mana hanya diperlukan aplikasi program untuk pengolahan data yang sederhana atau tidak terlalu rumit dan kompleks.

Oke deh, hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengunduh file instalasi Open Office dari halaman situsnya langsung. Hmm, berikut penjelasannya.
  • Pastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet. Lalu buka aplikasi browser (Google Chrome, Mozilla Firefox atau Internet Explorer), kemudian ketik 'open office' pada kotak pencarian (lihat panah A), lalu tekan enter. Nah, nanti akan muncul beberapa tautan hasil pencarian, klik salah satu tautan yang mengarah ke situs openoffice.org (lihat panah B).

    pencarian halaman situs
    pencarian halaman situs

  • Setelah halaman yang dituju terbuka, ikuti langkah berikut: tentukan sistem operasi anda (lihat panah A), tentukan versi bahasa yang digunakan (lihat panah B), tentukan versi aplikasi yang akan diunduh (lihat panah C). Setelah menentukan pilihan, silahkan klik pada button yang bertuliskan 'Download full installation' (lihat panah D).

    halaman unduh
    halaman unduh

  • Oh iya, berikut spesifikasi minimal atau yang disarankan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

    spesifikasi
    spesifikasi

  • Setelah proses pengunduhan selesai, file instalasi akan muncul di folder hasil unduhan (lihat tanda panah).

    file instalasi hasil unduhan
    file instalasi hasil unduhan

Nah, sampai di sini proses pengunduhan file instalasi telah selesai, kemudian lanjut ke proses selanjutnya yaitu proses instalasi. Sebagai informasi, sistem operasi yang aku gunakan adalah Microsoft Windows 7.
  • Buka folder unduhan, kemudian klik 2x pada file instalasi (lihat tanda panah).

    langkah 1
    langkah 1

  • Kemudian akan muncul kotak halaman informasi, klik 'Next>' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  • Kemudian tentukan di mana letak aplikasi akan di-instal, klik 'Browse' (lihat panah A). Setelah menentukan letak aplikasi akan di-instal di mana, klik 'Install' (lihat panah B).

    langkah 3
    langkah 3

  • Lalu klik 'Next' lagi (lihat tanda panah).

    langkah 4
    langkah 4

  • Kemudian masukkan nama pengguna dan nama organisasi (isi terserah anda, hehehehe), lalu klik 'Next>' (lihat tanda panah).

    langkah 5
    langkah 5

  • Kemudian muncul pilihan tipe model instalasi. Ada 2 pilihan yaitu 'Typical' yang maksudnya semua komponen aplikasi utama akan di-instal dan 'Custom' yang maksudnya anda bisa memilih komponen mana saja yang ingin di-instal. Hmm, untuk pengguna awam pilih saja 'Typical'. Lalu klik 'Next>' (lihat tanda panah).

    langkah 6
    langkah 6

  • Kemudian beri tanda checklist pada kolom yang tersedia (lihat panah A) apabila anda ingin membuat shortcut aplikasi di halaman desktop. Lalu klik 'Install' (lihat panah B).

    langkah 7
    langkah 7

  • Tunggu sampai proses instalasi selesai.

    langkah 8
    langkah 8

  • Yup, proses instalasi pun selesai, silahkan klik 'Finish' (lihat tanda panah).

    langkah 9
    langkah 9

Setelah aplikasi Open Office berhasil di-instal di komputer atau laptop, sekarang mari kita coba.
  • Klik Start > All Programs > OpenOffice 4.x.x > Open Office. Atau jika pada proses instalasi sebelumnya anda memilih opsi 'buat shortcut di desktop', maka cukup klik icon OpenOffice yang ada di halaman desktop.

    jalankan aplikasi
    jalankan aplikasi

  • Karena aplikasi Open Office baru pertama kali dijalankan, akan muncul kotak halaman registrasi pengguna, klik 'Next>>' (lihat tanda panah).

    registrasi pengguna (1)
    registrasi pengguna (1)

  • Kemudian masukkan nama pengguna yang terdiri dari nama depan, nama belakang dan inisial (terserah anda mau diisi apa, hehehehe). Lalu klik 'Finish' (lihat tanda panah).

    registrasi pengguna (2)
    registrasi pengguna (2)

  • Yup, sekarang pilih salah satu aplikasi yang akan anda jalankan. Ada 6 pilihan aplikasi, yaitu Writer (mirip Ms.Word), Calc (mirip Ms.Excel), Impress (mirip Ms.PowerPoint), Draw (mirip Ms.Visio), Base (mirip Ms.Access) dan Math (mirip Ms.Equation).

    halaman awal Open Office 4
    halaman awal Open Office 4

Artikel terkait:

2 comments: