January 19, 2017

Lampung Ke Belitung Ala Turis

Lampung Ke Belitung Ala Turis
Lampung Ke Belitung Ala Turis

Hmm, jika pada tulisan sebelumnya aku telah menjelaskan tentang cara bagaimana dari Lampung menuju ke Belitung dengan cara hemat dan murah ala backpacker, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan cara ala turis atau cara yang paling cepat di antara rute yang lainnya. Walaupun secara tarif perjalanan lebih mahal, tapi pilihan rute yang satu ini menawarkan waktu yang paling sedikit, sehingga tidak perlu menguras tenaga lebih, hehehehe.

Yup, karena waktu yang dihabiskan hanya sedikit maka perjalanan kali ini digunakan alat transportasi umum berupa pesawat terbang. Hmm, karena penerbangan langsung tidak ada yang melayani jurusan Lampung ke Belitung, maka dibutuhkan dua kali penerbangan atau istilahnya transit atau connecting flight. Penerbangan pertama dengan rute Bandara Raden Inten II (Branti), Lampung menuju Bandara Soekarno Hatta, dan kemudian dilanjutkan penerbangan kedua dengan rute Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara H.A.S. Hanandjoeddin (Buluh Tumbang), Belitung.

Begini rincian rutenya:
  1. Bandar Lampung - Bandara Raden Inten II (Branti)
    Perjalanan ditempuh dengan taksi atau mobil travel selama sekitar 40 menit (asumsi dari Tanjung Karang dengan kondisi lalu lintas ramai lancar). Tarif Rp.100.000 - Rp.120.000,- per mobil.
  2. Bandara Raden Inten II (Branti) - Bandara Soekarno Hatta
    Penerbangan akan berlangsung selama sekitar 50 menit. Kode bandara (TKG-CGK). Tarif fluktuatif dan tergantung maskapai yang dipilih. Setelah melakukan penerbangan pertama biasanya ada jeda waktu yang mengharuskan kita untuk menunggu di bandara tempat transit, lama tunggu sesuai dengan jadwal penerbangan selanjutnya.
  3. Bandara Soekarno Hatta - Bandara H.A.S. Hanandjoeddin (Buluh Tumbang)
    Penerbangan akan berlangsung selama sekitar 60 menit. Kode bandara (CGK-TJQ). Tarif fluktuatif dan tergantung maskapai yang dipilih.
  4. Bandara H.A.S. Hanandjoeddin - Tanjung Pandan
    Perjalanan ditempuh dengan microbus atau minibus selama sekitar 30 menit dengan tarif Rp.50.000,- per orang. Nah, di sini jangan sampai salah naik mobil, secara umum ada tiga jurusan tujuan, yaitu Tanjung Pandan, Manggar, Kelapa Kampit. Naiklah mobil yang menuju ke Tanjung Pandan, atau kalau kata penduduk setempat, 'uto nuju ke Tanjong'. Lalu sebut ke supir atau kondekturnya tujuan anda akan ke hotel atau penginapan atau daerah mana, supir dan kondektur paham dan mengerti kok nanti anda akan diturunkan di mana. ^,^

Catatan:
  • Usahakan 60 menit sebelum keberangkatan pesawat kita sudah berada di bandara untuk melakukan proses check-in.
  • Biaya total perjalanan agak sulit untuk dikalkulasikan karena fluktuatifnya harga tiket pesawat terbang. Hmm, jadi baru bisa dihitung apabila tiket pesawat sudah berada di genggaman tangan kita.
  • (Ketika tulisan ini dipublikasikan) Ada tiga maskapai penerbangan yang melayani penerbangan transit (connecting flight) di jurusan Lampung - Belitung, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion Air.
  • Tarif taksi dan mobil travel berlaku ketika tulisan ini dipublikasikan.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment