December 8, 2016

Menguras Minyak Rem Depan Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Hmm, tulisan kali ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya, yaitu pasal mengganti kampas rem cakram depan pada sepeda motor matic milik Mbak Mila, Yamaha Mio J. Karena secara riwayat sepeda motor tersebut belum pernah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bagian rem depan, dan itu artinya sudah selama sekitar 4 tahun 3 bulan atau semenjak sepeda motor tersebut keluar dealer belum pernah dilakukan pemeriksaan pada cairan minyak rem di sistem rem cakram depan.

Proses penggantian kampas rem cakram depan bisa dibaca pada artikel sebelumnya, dan kali ini aku akan menceritakan tentang cara mengganti dan menguras cairan minyak rem cakram depan pada sepeda motor Yamaha Mio J. Oke deh, mari kita mulai acara main bengkel-bengkelannya.
  • Siapkan minyak rem. Yamaha Mio J direkomendasikan menggunakan minyak rem dengan jenis dot-3 atau dot-4.

    minyak rem
    minyak rem

  • Siapkan peralatan berupa obeng (+) dan kunci pas ukuran 8'. Sebagai informasi, gunakan obeng yang pas dengan ukuran sekrup pengunci tutup reservoir minyak rem, karena penggunaan jenis obeng yang tidak tepat akan menyebabkan sekrup pengunci tutup reservoir minyak rem menjadi aus, dol atau rusak. Sebagai tambahan, siapkan juga kain lap dan air bersih, untuk menyeka cairan minyak rem yang mengenai bagian sepeda motor, karena sifat dari minyak rem yang kurang bersahabat dengan lapisan cat.

    peralatan
    peralatan

  • Posisikan sepeda motor dengan standar tegak. Pada Yamaha Mio J diharuskan membuka atau melepaskan batok lampu depan karena letak tabung reservoir minyak rem berada di bagian dalam batok lampu depan. Siapkan obeng (+), lalu lepaskan 6 buah sekrup pengunci batok lampu depan (lihat tanda panah).

    lepas sekrup bagian depan
    lepas sekrup bagian depan
    lepas sekrup bagian atas dan samping
    lepas sekrup bagian atas dan samping

  • Kemudian lepaskan batok lampu depan secara perlahan, perhatikan pengait-pengaitnya. Setelah dapat dilepas, lalu lepaskan juga fitting bohlam lampu depan, agar batok lampu depan bisa dilepas dengan sempurna (lihat tanda panah).

    lepas fitting bohlam lampu depan
    lepas fitting bohlam lampu depan
    fitting bohlam lampu telah dilepas
    fitting bohlam lampu depan telah dilepas

  • Kemudian lepaskan 2 buah sekrup pengunci tutup reservoir minyak rem dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    lepas sekrup dan tutup reservoir minyak rem
    lepas sekrup pengunci tutup reservoir minyak rem

  • Lalu perhatikan komponen-komponen tutup reservoir minyak rem, bersihkan jika kotor dan ganti dengan suku cadang yang baru apabila ada komponen yang rusak.

    komponen tutup reservoir minyak rem
    komponen tutup reservoir minyak rem

  • Nah, sekarang adalah saatnya membuang atau menguras cairan minyak rem yang lama. Caranya, lepas karet penutup nepel, kemudian kendurkan nepelnya dengan kunci pas ukuran 8' (lihat tanda panah). Setelah itu pompa atau tekan berulang-ulang tuas rem depan sampai minyak rem keluar melalui lubang nepel, lakukan sampai tidak ada lagi cairan minyak rem yang keluar, atau lihat apakah cairan minyak rem di reservoir masih tersisa atau sudah kosong.

    lepas tutup nepel dan kendurkan nepel
    lepas tutup nepel dan kendurkan nepel

  • Setelah minyak rem dirasa telah habis, kencangkan kembali nepel, tetapi jangan terlalu kencang, karena nanti akan menyusahkan ketika pengisian ulang minyak rem dan penyetelan, cukup diputar dengan jari tangan saja.

    reservoir minyak rem telah kosong
    reservoir minyak rem telah kosong

  • Kemudian isi ulang reservoir minyak rem (lihat tanda panah). Lalu pompa atau tekan berulang-ulang tuas rem depan agar cairan minyak rem menyebar ke seluruh ruang sistem pengereman. Untuk membuang 'angin palsu', caranya pompa tuas rem sebanyak 6-7 kali, lalu tahan tuas rem, kemudian kendurkan nepel, lalu kencangkan kembali nepel. Lakukan berulang-ulang sampai rem bekerja normal seperti sedia kala.

    isi ulang reservoir minyak rem
    isi ulang reservoir minyak rem

  • Setelah rem bisa bekerja kembali secara normal, kencangkan kembali nepel dengan kunci pas ukuran 8', kemudian pasang kembali karet penutupnya (lihat tanda panah). Setelah tutup nepel dipasang, segera siram, guyur atau bilas dengan air bersih di sekitar cakram depan, velg dan bagian body sepeda motor yang terkena cipratan cairan minyak rem, untuk menghindari kerusakan cat akibat cairan minyak rem, setelah itu lap sampai bersih dan kering.

    kencangkan nepel dan pasang kembali penutupnya
    kencangkan nepel dan pasang karet penutupnya

  • Perhatikan kuantitas cairan minyak rem di dalam reservoir, tambahkan sampai batas maksimal, kemudian pasang kembali tutup reservoir minyak rem, lalu pasang kembali dan kencangkan sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali tutup reservoir dan kencangkan sekrupnya
    pasang kembali tutup reservoir dan kencangkan sekrupnya

  • Kemudian pasang kembali batok lampu depan, jangan lupa pasang kembali fitting bohlam lampu depan yang tadi dilepas (lihat tanda panah).

    pasang kembali batok lampu dan fitting bohlam lampu depan
    pasang kembali batok lampu dan fitting bohlam lampu depan

  • Kemudian pasang kembali dan kencangkan 6 buah sekrup penguncinya.

    pasang kembali sekrup bagian atas dan samping
    pasang kembali sekrup bagian atas dan samping
    pasang kembali sekrup bagian depan
    pasang kembali sekrup bagian depan

  • Selesai. Untuk menguji kinerja rem lebih lanjut, silahkan lakukan test ride. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment