November 4, 2016

Topologi Jaringan Internet Speedy Rumahan

Topologi Jaringan Internet Rumahan
Topologi Jaringan Internet Rumahan

Hmm, materi ini aku tulis sebagai dokumentasi dari skema dan instalasi jaringan internet di rumah Mbak Mila, tujuannya sih sebagai pengingat dan catatan apabila suatu saat nanti terjadi masalah dengan koneksi internet dan telepon rumah ataupun jika suatu saat nanti ada perubahan suasana dan pemindahan barang-barang di rumah Mbak Mila.

Sebagai informasi, koneksi internet di rumah Mbak Mila menggunakan layanan Telkom Speedy. Hmm, harusnya sih sudah menggunakan layanan Indihome, tapi karena di kabupaten domisili Mbak Mila belum tersentuh layanan tersebut, ya apa boleh buat deh, Speedy masih menjadi layanan yang (ter)baik (menurutku) di sekitar rumah Mbak Mila, hehehehe.

Jika anda 'sedikit' paham dan mengerti dengan teknologi jaringan komputer, gambar topologi jaringan di atas aku rasa sudah cukup jelas untuk bisa dipahami, karena yang sedang dibahas ini adalah jaringan internet sederhana di level rumahan yang tidak membutuhkan banyak perangkat dan konfigurasi.

Urutannya adalah sebagai berikut:

ktb  -->  kabel telepon  -->  roset  -->  kabel telepon  -->  splitter

Splitter adalah alat yang berfungsi untuk memisahkan jalur telepon dan modem. Pada splitter ada 2 buah port rj11 (lubang untuk konektor kabel telepon), di mana yang satu untuk dihubungkan ke pesawat telepon dan yang satunya lagi untuk dihubungkan ke modem.

splitter (port telepon)  -->  kabel telepon  -->  pesawat telepon

splitter (port modem) -->  kabel telepon  -->  modem

Nah, sampai di sini instalasi perangkat untuk jaringan telepon sudah selesai karena pesawat telepon adalah perangkat paling akhir di jalur telepon. Sementara untuk jalur modem akan bercabang kembali menjadi 2 jalur lagi, yaitu jalur dengan kabel (wired) dan jalur tanpa kabel atau nirkabel (wireless). Ini dikarenakan modem yang tersedia sudah bisa digunakan sebagai perangkat wifi. Sehingga alurnya akan menjadi seperti ini:

modem (wired)  -->  kabel utp  -->  PC

modem (wireless)  -->  Laptop dan Smartphone (serta perangkat wireless lainnya)

Yup, sampai di sini selesai deh instalasi perangkatnya, mudah bukan? ^,^

Hmm, lalu bagaimana tentang konfigurasi perangkat lunaknya (software)? Untuk masalah yang satu ini tergantung dengan merk modem yang digunakan. Untuk di jaringan internet rumahan sih biasanya yang diatur adalah tentang login dan password untuk bisa mengakses internet melalui wifi dari perangkat wireless seperi laptop dan smartphone, serta tentang pengaturan berapa jumlah user yang bisa masuk ke dalam jaringan.

Artikel terkait:
-  Merangkai Kabel UTP Jaringan Komputer
-  Instalasi Telepon Rumah
-  Solusi Jika Kartu Jaringan (LAN Card) Pada CPU Mengalami Kerusakan
-  Solusi Jika Kartu Jaringan (LAN Card) Pada Laptop Mengalami Kerusakan

No comments:

Post a Comment