November 22, 2016

Mengganti Power Supply Mesin Pemanggil Burung Walet

Audio Player Pemanggil Burung Walet
Audio Player Pemanggil Burung Walet

Hmm, tulisan kali ini buat dokumentasi lagi aah. Perangkat yang aku dokumentasikan kali ini agak unik dan langka, yaitu mesin audio-player pemanggil burung walet. Secara fungsi alat ini adalah sesuai namanya, yaitu alat untuk memanggil burung walet. Hmm, tahu dan pernah melihat rumah walet kan? Yup, alat ini biasanya ditempatkan di tempat tersebut dan digunakan sebagai alat bantu untuk memanggil burung walet agar bersarang di rumah walet tersebut.

Ada banyak model perangkat seperti ini, yang akan aku bahas di tulisan ini adalah alat yang bentuknya seperti CPU (komputer), karena menggunakan casing CPU dan terdapat juga perangkat seperti cd-dvd drive dan power supply yang sama dengan yang digunakan di CPU. Akan tetapi setelah aku buka penutup casing-nya ternyata isinya berbeda, lebih mirip dengan isi amplifier. Alat ini juga termasuk keluaran lama karena masih menggunakan media keping cd-dvd, bukan menggunakan media usb flashdisk atau memory card yang banyak digunakan saat ini.

Oh iya, yang akan aku bahas di sini adalah sebatas melakukan penggantian komponen yang rusak, dan setelah diperiksa komponen yang rusak tersebut adalah power supply-nya. Hmm, mungkin imbas dari rusaknya alat pengatur waktu (timer) sehingga alat ini untuk beberapa waktu menyala non-stop secara terus-menerus. Sebagai informasi, rumah walet ini hanya ditengok dan dikunjungi hanya ketika waktu panen saja, yaitu sekitar 3-4 bulan sekali, hehehehe.

Alat dan bahan:
-  power supply CPU
-  solder dan timah
-  isolasi listrik
-  obeng (+)
-  gunting atau pisau cutter

Setelah dicermati, untuk mengganti power supply tidak bisa asal langsung ganti seperti di CPU, karena ada beberapa alur kabel yang harus dimodifikasi. Oke deh, berikut ulasannya.
  1. Lepaskan penutup casing sebelah kanan.

    power supply
    power supply

  2. Lepaskan semua konektor yang terhubung ke power supply, yaitu konektor ke cd-dvd drive dan konektor ke kipas tambahan. Kemudian lepaskan power supply dari casing.

    lepaskan konektor daya ke cd-dvd drive
    lepaskan konektor daya ke cd-dvd drive
    lepaskan konektor daya ke kipas tambahan
    lepaskan konektor daya ke kipas tambahan
    lepaskan sekrup pengunci power supply ke casing
    lepaskan sekrup pengunci power supply ke casing

  3. Kemudian buka penutup power supply yang lama dengan melepaskan 4 buah sekrup pengunci dengan menggunakan obeng (+).

    lepaskan sekrup pengunci power supply
    lepaskan sekrup pengunci power supply
    penutup power supply sudah dibuka
    penutup power supply sudah dibuka

  4. Nah, sekarang siapkan power supply yang baru, kemudian buka dan lepaskan juga penutupnya. Kemudian coba bandingkan dan perhatikan alur kabel-kabelnya.

    bandingkan dan perhatikan power supply lama dan baru
    bandingkan dan perhatikan power supply lama dan baru
    perhatikan alur kabel
    perhatikan alur kabel

  5. Perhatikan pada konektor daya power supply (konektor 24-pin, yang biasanya dihubungkan ke motherboard), lalu potong atau lepaskan dari konektor kabel berwarna hitam (kabel di lubang ke-7) dan kabel berwarna hijau (kabel di lubang ke-9).

    perhatikan kabel yang ditunjuk dengan tanda panah
    perhatikan kabel yang ditunjuk dengan tanda panah
    potong kabel hitam dan hijau
    potong kabel hitam dan hijau

  6. Kemudian sambung kabel yang dipotong tadi (kabel warna hitam dan hijau), lilit erat dan bungkus dengan isolasi listrik (lihat tanda panah). Hmm, mungkin ada yang bertanya kenapa kabel warna hitam dan hijau harus disambung? Yup, karena tujuannya adalah untuk melangsungkan arus (by-pass) tanpa melalui saklar terlebih dahulu, dan kebetulan di alat ini tidak terdapat tombol daya (power) sehingga ketika mesin dihubungkan ke sumber listrik, mesin akan langsung menyala otomatis. Begitu pula ketika listrik mati (mati lampu), pada saat listrik hidup kembali mesin akan otomatis menyala, jadi tidak diperlukan operator untuk menghidupkannya kembali.

    sambung kabel hitam dan hijau
    sambung kabel hitam dan hijau

  7. Sekarang perhatikan kabel berwarna oranye dan hitam yang terhubung dari power supply ke sekring/fuse (kabel oranye) dan ke trafo (kabel hitam). Apabila sebelumnya kabel-kabel terhubung ke power supply yang lama, sekarang pindahkan kabel-kabel tersebut ke power supply yang baru.

    perhatikan alur kabel
    perhatikan alur kabel

  8. Kemudian sambung kabel oranye (lihat tanda panah warna biru) dan hitam (lihat tanda panah warna merah) tadi ke pin yang terletak di belakang konektor untuk menyambung kabel daya (power) ke sumber listrik. Gunakan solder timah untuk merekatkannya.

    solder kabel
    solder kabel

  9. Kemudian pasang kembali penutup power supply, pasang dan kencangkan juga 4 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali penutup power supply
    pasang kembali penutup power supply

  10. Lalu pasang kembali power supply ke casing, kemudian pasang juga konektor daya ke kipas tambahan dan cd-dvd drive.

    pasang power supply baru ke casing
    pasang power supply baru ke casing
    sambung konektor daya ke kipas tambahan
    sambung konektor daya ke kipas tambahan
    sambung konektor daya ke cd-dvd drive
    sambung konektor daya ke cd-dvd drive

  11. Nah, sekarang adalah waktunya uji coba, apakah pekerjaan yang telah dilakukan berhasil atau tidak, yaitu dengan menyalakan mesin pemanggil burung walet ini. Hmm, sebagai output suara, pasang dan hubungkan speaker atau tweeter ke konektor yang ada di belakang mesin.

    pasang speaker atau tweeter
    pasang speaker atau tweeter

  12. Kemudian hubungkan mesin ke sumber listrik, lalu tunggu beberapa saat, jika berhasil maka mesin akan mengeluarkan bunyi seperti sedia kala, akan tetapi apabila mesin tidak menyala atau tidak mengeluarkan bunyi, coba periksa kembali alur kabel, sambungan kabel dan konektor. ^,^

    selesai
    selesai

Untuk melihat hasil pengujian perangkat, silahkan simak video berikut:

No comments:

Post a Comment