November 18, 2016

Komponen Perangkat Keras Pada CPU

Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU)

Hmm, kali ini iseng-iseng buat tulisan untuk anak-anak sekolah menengah kejuruan jurusan teknik komputer dan jaringan, dan juga buat para pembaca yang tertarik dengan dunia komputer. Sebetulnya ini adalah materi paling dasar, yaitu pengenalan komputer, khususnya pengenalan perangkat keras (hardware) penyusun komputer (CPU).

Oke deh, langsung saja dimulai penjabarannya. Secara umum CPU (kali ini yang aku maksud adalah CPU untuk komputer desktop rumahan) terdiri dari beberapa komponen perangkat keras (hardware), yaitu:
  1. Motherboard
    Motherboard atau sering juga disebut dengan mainboard atau juga sering disingkat menjadi mobo adalah papan sirkuit yang merupakan induk tempat berkumpulnya komponen-komponen dari CPU. Motherboard yang tersedia di pasaran saat ini sudah terpaket dengan komponen seperti VGA card (kartu grafis), Sound card (kartu suara) dan LAN Card (kartu jaringan), sehingga sudah praktis dan hemat karena tidak perlu membeli komponen-komponen tersebut secara terpisah seperti motherboard keluaran terdahulu. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah jenis socket processor pada mainboard tersebut, dan biasanya dalam pemilihan motherboard mengikuti jenis processor yang akan digunakan pada CPU tersebut.

    motherboard (1)
    motherboard (1)
    motherboard (2)
    motherboard (2)

  2. Processor
    Processor adalah inti atau otak dari sebuah CPU. Alat inilah yang berfungsi mengolah dan mengatur perintah yang di-input oleh pengguna (user). Untuk pasar di Indonesia dikenal 2 merk processor, yaitu Intel dan AMD.

    processor (1)
    processor (1)
    processor (2)
    processor (2)

  3. Fan (Kipas Processor)
    Alat ini berfungsi sebagai pendingin dan penyerap panas dari panas yang dihasilkan oleh processor.

    kipas processor (1)
    kipas processor (1)
    kipas processor (2)
    kipas processor (2)

  4. RAM (Random Access Memory)
    Adalah alat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dari perintah-perintah dalam CPU ketika sedang dioperasikan, RAM berfungsi apabila CPU dihidupkan. Untuk CPU saat ini RAM yang digunakan adalah RAM dengan jenis DDR3, dan ada juga beberapa CPU yang masih menggunakan RAM dengan jenis DDR2.

    random access memory (RAM)
    random access memory (RAM)

  5. Hard Disk Drive (HDD)
    Alat ini berfungsi sebagai media penyimpanan data atau file dalam CPU. Untuk saat ini satuan yang lazim digunakan adalah gigabyte (GB) dan terabyte (TB). Sementara untuk konektornya yang lazim digunakan pada saat ini adalah konektor jenis SATA.

    hard disk drive
    hard disk drive

  6. CD-DVD Drive
    Alat ini berfungsi sebagai media untuk membaca (dan ada juga yang bisa menulis) data atau file yang tersimpan di dalam keping CD atau DVD. Sama seperti hard disk, konektor alat ini yang lazim digunakan saat ini adalah konektor dengan jenis SATA.

    CD-DVD Drive
    CD-DVD Drive
    konektor
    konektor

  7. Power Supply
    Alat ini berfungsi sebagai penyalur sumber tenaga listrik ke dalam CPU. Terdiri dari sebuah kotak dan kabel-kabel yang bisa dihubungkan ke mainboard, hard disk, cd-dvd drive, kipas dan komponen lainnya yang membutuhkan daya listrik.

    power supply
    power supply

  8. Casing
    Adalah sejenis rak berbentuk kotak yang berfungsi sebagai tempat atau rumah dari kumpulan komponen-komponen perangkat keras (hardware) penyusun CPU.

    casing
    casing (1)
    casing (2)
    casing (2)

Catatan:
Dalam tulisan ini sengaja tidak aku jelaskan tentang floppy drive karena komponen ini dan juga disket sebagai media penyimpanannya sudah sangat jarang digunakan saat ini. Sementara untuk VGA card, sound card, LAN card tidak aku bahas lebih lanjut karena komponen tersebut sudah menjadi satu paket kesatuan dalam motherboard. ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment