September 23, 2016

Melihat Rusa Di Universitas Lampung

Rusa Sambar (Cervus unicolor)
Rusa Sambar (Cervus unicolor)

Hari ini si Leka, salah satu keponakanku dititipkan oleh Mbak Mila ke asrama, karena beliau ada agenda kerja di Bandar Lampung. Kebetulan sore ini aku sedang bebas kerjaan jadi bisa jalan-jalan keluar bersama Leka. Hmm, setelah menunaikan sholat ashar, aku dan Leka pun bersiap-siap untuk berkendara. Seperti biasa, jika ingin berkendara bebas (tujuan tidak terikat) dengan keponakanku, aku memberi kesempatan kepada mereka untuk memilih dan mengeluarkan ide atau pendapat tentang tempat yang akan dituju.

Dan kali ini Leka menentukan pilihan yang membuatku tersenyum geleng-geleng, dengan polos dia berkata, "Mama Ka, liat mbek cama capi yuk?" (maksudnya mengajakku untuk melihat kambing dan sapi, mungkin masih teringat ketika aku mengajaknya melihat kambing dan sapi di masjid dekat rumah menjelang Idul Adha kemarin, hehehehe). Agak bingung juga mau pergi kemana karena hari sudah agak sore dan letak kandang kambing dan sapi yang bisa aku kunjungi letaknya agak jauh dari asrama.

Lalu aku tawarkan kepada Leka, "Hmm, kalau lihat rusa bagaimana, mau ndak?". Lalu dijawab Leka, "Rusa yang ada begininya yah?" (sambil menunjuk jari seperti angka satu kemudian menempelkannya di samping dahi dengan kedua tangannya). Aku jawab, "Iyah.". Dijawab lagi oleh Leka, "Iya deh, Mama Ka, mau mau mau."

Tempat yang akan kami tuju adalah kandang rusa yang terletak di Universitas Lampung (Unila), terletak tidak begitu jauh dari asrama, hanya sekitar 2 kilometer. Hmm, karena sepeda motorku kali ini sedang dipakai oleh Iroh, jadinya aku dan Leka memakai mobil menuju kandang rusa. Tak lama kemudian kami pun tiba di tempat yang dimaksud, langsung saja aku parkirkan mobil tak jauh dari gerombolan rusa sedang berkumpul. Oh iya, kandang rusa di Universitas Lampung terletak dekat dengan Fakultas Pertanian yang tak jauh juga dari Gedung Rektorat Universitas Lampung.

parkirkan mobil
parkirkan mobil

Setelah memarkirkan mobil, langsung saja aku dan Leka menuju ke arah gerombolan rusa berada, dan kebetulan juga ternyata setelah waktu ashar adalah jadwal pengelola kandang rusa memberi makan sore untuk rusa, jadi gerombolan rusa pun berkumpul di tempat pengelola kandang menaruh makanan.

rusa sedang berkumpul
rusa sedang berkumpul
menunggu makan sore
menunggu makan sore

Sebagai informasi, jenis rusa yang ada di sini adalah jenis rusa sambar yang memiliki nama latin Cervus unicolor yang konon hanya bisa dijumpai di wilayah Sumatera dan Kalimantan di Indonesia.

sedang santai
sedang santai
rusa kecil
rusa kecil
bersiap untuk makan sore
bersiap untuk makan sore
menu sore ini kulit jagung
menu sore ini kulit jagung
rusa jantan dan betina
rusa jantan dan betina
makan sore di tepi kolam
makan sore di tepi kolam
waktunya makan sore
waktunya makan sore
sedang bermalas-malasan
sedang bermalas-malasan

Tak terasa 45 menit pun kami habiskan di tempat ini, bertepatan juga dengan habisnya nasi bekal Leka. Setelah aku amati, ada juga beberapa pengunjung yang sengaja melihat rusa sembari menyuapi makan anaknya, ya sama sepertiku yang juga sambil menyuapi Leka makan, hehehehe. Dan tak berapa lama kemudian kami pun beranjak pulang ke asrama.

Hmm, tertarik melihat rusa dari dekat? Datang saja ke Universitas Lampung, gratis. Sebagai saran, sebaiknya datang ke tempat ini sekitar setelah waktu ashar atau sekitar jam 16.00 WIB karena bertepatan dengan waktu makan sore rusa, jadi semua rusa yang ada di kandang tersebut berkumpul di tempat pengelola kandang menaruh makanan, dan juga sinar matahari sore sudah tidak terlalu terik. ^,^

melihat rusa lebih dekat
melihat rusa lebih dekat

No comments:

Post a Comment