September 20, 2016

Donor Darah Di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung
Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung

Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku ketika melakukan kegiatan donor darah sebagai pendonor darah sukarela di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung, Unit Transfusi Darah Cabang Pembina yang beralamat di Jalan Dr. Sam Ratulangi No.105, Bandar Lampung. Hmm, kalau masih bingung dengan letaknya, ini terletak tak jauh dari Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek, Bandar Lampung.

Jika tertarik untuk melakukan donor darah, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi, antara lain:
-  Berusia 17-60 tahun.
-  Sehat jasmani.
-  Berat badan minimal 45 kilogram.
-  Tekanan darah 110-160 mmHg (sistole), 70-100 mmHg (diastole).
-  Kadar hemoglobin 12,5-17 gram.

alur donor darah
alur donor darah

Beginilah alur dan rangkaian proses donor darah di PMI Provinsi Lampung.
  1. Begitu sampai di lokasi, silahkan masuk melalui pintu utama, nanti kita akan disambut oleh petugas bagian keamanan dan membantu kita. Bilang saja ingin melakukan donor darah sukarela, kemudian kita akan diarahkan ke meja untuk mengisi formulir. Isilah formulir dengan benar dan jujur, karena hal ini berhubungan dengan kondisi kesehatan dan darah anda sendiri. Sebagai catatan, jika sudah pernah melakukan donor darah sukarela dan sudah punya kartu donor darah sukarela, cukup ambil saja formulirnya tanpa perlu diisi dan langsung menuju ke petugas bagian input data (baca langkah selanjutnya).

    formulir (a)
    formulir (a)
    formulir (a1)
    formulir (a1)
    formulir (a2)
    formulir (a2)
    formulir (b)
    formulir (b)
    formulir (b1)
    formulir (b1)
    formulir (b2)
    formulir (b2)

  2. Kemudian tujulah petugas bagian input data. Jika anda baru pertama kali donor, serahkan formulir yang tadi diisi dan kartu identitas anda (KTP atau SIM) untuk di-input datanya ke dalam database dan pembuatan Kartu Donor Darah Sukarela. Atau jika telah memiliki Kartu Donor Darah Sukarela, cukup serahkan kartu dan formulir ke petugas.
  3. Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan tahap 1. Di sini akan dilakukan timbang berat badan, cek hemoglobin (Hb), dan cek golongan darah serta rhesus (jika baru pertama kali donor). Jika dinyatakan lulus, maka lanjut ke langkah berikutnya.
  4. Kemudian saatnya bergegas ke area wastafel untuk melakukan proses cuci tangan sampai lengan dan siku.
  5. Setelah itu akan dilakukan proses pemeriksaan kesehatan tahap 2 yang akan dilakukan oleh dokter. Secara umum akan dilakukan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi dan dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan kita selama seminggu terakhir. Nah, jika dinyatakan lulus maka artinya anda dinyatakan bisa dan siap untuk diambil darahnya.
  6. Yup, proses berikutnya adalah proses utama, yaitu proses pengambilan darah. Di PMI Provinsi Lampung tersedia 5 buah kursi atau tempat pengambilan darah, jika posisi sedang ramai maka tunggu sampai giliran kita tiba. Lama proses pengambilan darah bervariasi, tergantung situasi dan kondisi pendonor, umumnya berlangsung sekitar 5-15 menit.
  7. Selesai dari proses pengambilan darah, langkah selanjutnya adalah proses istirahat dan pemulihan setelah proses pengambilan darah. Di ruang istirahat telah disediakan hidangan berupa sebutir telur ayam rebus, segelas susu kental dan 3 kaplet suplemen multivitamin yang bisa dinikmati. Hmm, mungkin menu hidangan berbeda di setiap PMI, kalau melakukan donor darah di PMI Bandar Lampung ya begini menu hidangannya (pengalaman semenjak tahun 2014 sampai dengan tulisan ini terbit belum berubah menu hidangannya, hehehehe). Oh iya, di sini petugas akan memberikan atau mengembalikan kartu donor milik kita beserta ucapan terima kasih, jadwal donor darah berikutnya dan kupon bebas parkir (jika kita membawa kendaraan).

    ruang istirahat pasca donor
    ruang istirahat pasca donor
    hidangan dan suplemen bagi pendonor
    hidangan dan suplemen bagi pendonor
    ucapan terima kasih dan jadwal donor darah berikutnya
    ucapan terima kasih dan jadwal donor darah berikutnya

  8. Selesai. ^,^

Ketika sedang menikmati hidangan di ruang istirahat, aku melihat banner yang bertuliskan daftar rician biaya pengganti pengolahan darah dan biaya lainnya. Inilah yang sering dipertanyakan oleh masyarakat mengapa jika donor darah tidak dikenakan biaya alias gratis, tetapi saat butuh darah masih harus tetap membayar? Nah, daftar rincian pada gambar di bawah mungkin bisa dijadikan jawaban dan penjelasan.

Hmm, kalau aku sederhanakan adalah karena sebelum darah yang telah didonorkan bisa dan siap di-transfusikan kepada yang membutuhkan, ada rangkaian proses yang mesti dilaksanakan dan rangkaian proses tersebut membutuhkan biaya. Adapun rincian biaya untuk per kantung darah adalah senilai yang tertera pada banner yang aku lihat tersebut (lihat gambar di bawah).

biaya pengganti pengolahan darah (bppd) Rp.360.000,-
biaya pengganti pengolahan darah (bppd) Rp.360.000,-
biaya pemeriksaan lainnya
biaya pemeriksaan lainnya

Bagaimana, tertarik untuk menjadi pendonor darah sukarela, berbagi dan membantu sesama? ^,^

No comments:

Post a Comment