July 13, 2016

Mengganti Bohlam Lampu Mundur Kijang Super

Lampu Mundur
Lampu Mundur

Pekerjaan iseng kali ini adalah mengganti bohlam lampu mundur sebelah kiri pada mobil Toyota Kijang Super karena bohlam tersebut putus sehingga tidak mau menyala saat dioperasikan. Dapat disimpulkan bahwa bohlam lampu tersebut putus setelah diperiksa secara seksama bahwa kaca bohlam lampu tersebut berwarna keputihan yang menandakan bohlam tersebut telah mengalami panas berlebih atau ada komponen di dalam bohlam yang terbakar.

Sebagai informasi lampu mundur atau biasa disebut juga dengan lampu atret adalah lampu yang berfungsi sebagai indikator bahwa mobil yang kita kendarai akan bergerak mundur, dan ini sangat penting untuk memberi tahu kepada pengendara lain yang berada di belakang kita. Oke deh, mari kita mulai acara iseng-isengnya. ^,^
  1. Siapkan obeng (+) dan bohlam pengganti. Bohlam pengganti berukuran 12 volt - 23 watt, atau bisa juga menggunakan bohlam untuk lampu sein belakang yang berukuran 12 volt - 21 watt dengan catatan bohlam harus berwarna putih.

    obeng (+)
    obeng (+)

  2. Kendurkan dan lepaskan 4 buah sekrup pengunci mika lampu belakang dengan menggunakan obeng (+).

    lepaskan sekrup pengunci
    lepaskan sekrup pengunci

  3. Kemudian lepaskan perlahan rumah lampu dari body mobil, lalu keluarkan fitting dan bohlam lampu mundur dengan cara memutarnya ke arah berlawanan jarum jam (lihat tanda panah).

    lepaskan bohlam dan fitting dari rumah lampu
    lepaskan bohlam dan fitting dari rumah lampu

  4. Lalu lepaskan bohlam lampu mundur dari fitting dengan cara memutarnya ke arah berlawanan jarum jam dan menariknya keluar (lihat tanda panah).

    lepaskan bohlam dari fitting
    lepaskan bohlam dari fitting

  5. Kemudian pasang bohlam baru ke fitting dengan cara menekannya ke dalam fitting dan memutarnya searah jarum jam (lihat tanda panah), lalu masukkan kembali fitting yang telah terpasang bohlam ke dalam rumah lampu.

    pasang bohlam baru
    pasang bohlam baru

  6. Pasang kembali rumah lampu dan mika lampu ke body mobil, lalu pasang dan kencangkan kembali ke-empat buah sekrupnya (lihat tanda panah).

    kencangkan kembali sekrup
    kencangkan kembali sekrup

  7. Selesai. ^,^

2 comments: