June 6, 2016

Jajanan Anak Legendaris Tahun 90'an

Chiki, Cheetos, JetZ dan Taro
Chiki, Cheetos, JetZ dan Taro

Siapa yang tak kenal jajanan (snack) anak pada gambar di atas? Hmm, kalau anak sekarang mungkin ada yang tidak tahu walaupun jajanan tersebut masih beredar di pasaran sampai saat ini. Tetapi coba anda tanyakan kepada anak-anak yang dilahirkan sekitar tahun 1980'an dan 1990'an, aku prediksi jika mereka tahu, hapal dan masih ingat dengan jajanan tersebut, hehehehe.


Chiki Balls
Chiki Balls

Yang pertama adalah Chiki Balls, sekitar dasawarsa 90'an dan 2000'an jajanan ini adalah jajanan favorit anak-anak. Selain rasanya yang digemari oleh anak-anak, jajanan ini juga sering disisipkan hadiah berupa mainan anak pada setiap kemasannya yang menjadikannya semakin menarik anak-anak untuk membelinya, walaupun pada saat itu harganya agak mahal. Seingatku Chiki Balls memiliki empat varian rasa, antara lain rasa keju, kaldu ayam, cokelat dan baso. Dan yang menjadi ciri khas Chiki Balls adalah kemasannya yang berwarna kuning dengan gambar kartun anak ayam.

Cheetos
Cheetos

Yang kedua adalah Cheetos. Dulu kemasannya berwarna merah dan yang paling khas adalah gambar kartun hewan cheetah dengan kacamata hitam yang bernama Chester Cheetah. Cheetos memiliki varian rasa seperti rasa jagung bakar, ayam panggang dan keju.

JetZ
JetZ

Yang ketiga adalah JetZ. Seingatku ada dua varian rasa JetZ, yaitu rasa pedas paprika dan rasa cokelat, akan tetapi JetZ rasa pedas paprika sangat sulit mencarinya sekarang, kalau di sekitar tempatku hanya tersedia yang rasa cokelat. Dulu kemasannya berwarna merah keunguan untuk yang rasa pedas paprika dan berwarna merah muda (pink) untuk yang rasa cokelat.

Taro
Taro

Yang terakhir adalah Taro. Dulu seingatku Taro terdiri dari tiga varian rasa dengan warna kemasan yang berbeda juga, yaitu rasa ayam dengan kemasan berwarna kuning, rasa barbeque dengan kemasan berwarna hijau tua dan rasa rumput laut dengan kemasan berwarna hijau muda. Yang menjadi ciri khas adalah gambar kartun anak laki-laki berbaju warna merah-putih dengan motif garis horizontal seperti baju kaos khas orang Madura dan bertopi warna hijau.

aneka snack
aneka snack

Empat jajanan anak kemasan yang telah aku uraikan di atas masih bisa dinikmati sekarang, untuk kemasan sekitar 10-15 gram dijual dengan harga sekitar Rp.1.200,- per kemasan. Jika anda ingin flashback ke masa lalu untuk sekedar mengenang masa kecil anda, jajanan tersebut masih bisa dinikmati. Hmm, akan tetapi menurutku ada yang kurang pada jajanan anak kemasan tersebut yang diproduksi sekarang dibanding dengan yang diproduksi ketika aku kecil dulu, yaitu rasanya agak kurang terasa, entah karena komposisi dan bumbu penyedapnya dikurangi atau lidahku yang sudah agak tidak sensitif alias bosan dengan jajanan seperti itu, huhuhuhu. ^,^

No comments:

Post a Comment