May 3, 2016

Mengganti Dan Memasang Kertas Pada Mesin Fax

Mesin Fax - Out Of Paper (Kertas Habis)
Mesin Fax - Out Of Paper (Kertas Habis)

"Assalamu'alaikum, selamat siang, Mbak Rika, ini Nadia mau tanya, mesin fax yang di toko kok kertasnya tidak mau keluar ya, Mbak?"

Yup, begitulah percakapan pembuka melalui telepon antara aku dengan salah satu pegawai di kedai milik Mbak Mila. Setelah mendengar penjelasannya dapat aku simpulkan bahwa kertas di mesin fax yang ada di kedai milik Mbak Mila sudah habis, terutama setelah mendengar penjelasan jika pada display mesin fax tersebut ada tulisan 'OUT OF PAPER'.

Sebetulnya mudah mengganti dan memasang kertas fax karena jika diperhatikan dengan teliti pada mesin fax tersebut terdapat gambar ilustrasi bagaimana cara memasang kertas fax. Hmm, atau mungkin pegawai Mbak Mila tersebut belum pernah melakukannya sehingga dia merasa takut salah atau takut rusak dan lalu mencoba menghubungiku untuk bertanya tentang hal tersebut.

Sebagai informasi mesin fax yang berada di kedai Mbak Mila adalah mesin fax dengan merk Sharp tipe FO-77 yang media cetaknya menggunakan kertas thermal model gulungan (roll). Kertas bisa dibeli di toko alat tulis dan perlengkapan kantor, biasanya berupa gulungan dengan ukuran 21 cm x 30 meter. Hmm, oke deh, berikut cara mengganti dan memasang kertasnya:
  1. Buka penutup bagian atas mesin fax (cover) dengan cara mengangkatnya ke atas pada bagian pojok sebelah kanan mesin fax (lihat tanda panah).

    buka bagian penutup (cover)
    buka bagian penutup (cover)

  2. Singkirkan sisa gulungan kertas lama yang masih tersisa.

    singkirkan sisa kertas yang lama
    singkirkan sisa kertas yang lama

  3. Siapkan gulungan kertas fax yang baru.

    kertas fax
    kertas fax

  4. Letakkan gulungan kertas fax yang baru pada tempatnya.

    letakkan kertas fax
    letakkan kertas fax

  5. Lepaskan segel pada gulungan kertas fax yang baru. Oh iya, perhatikan posisinya dan jangan sampai terbalik memasangnya karena jika terbalik hasil cetakan tidak akan muncul di kertas, posisi yang benar adalah kertas terulur dari bagian bawah depan (lihat tanda panah).

    posisi kertas fax
    posisi kertas fax

  6. Angkat ke atas penutup yang berada di tempat keluarnya kertas (lihat tanda panah biru), lalu masukkan bagian ujung kertas ke bawah bagian penarik kertas yang berwarna hitam (lihat tanda panah merah pada gambar 1), sampai ujung kertas keluar di bagian pemotong kertas atau di tempat keluar kertas (lihat tanda panah merah pada gambar 2).

    alur kertas (1)
    alur kertas (1)
    alur kertas (2)
    alur kertas (2)

  7. Kemudian turunkan kembali penutup pada bagian pemotong kertas (lihat tanda panah).

    tutup kembali cover pemotong kertas
    tutup kembali cover pemotong kertas

  8. Kemudian tutup kembali penutup bagian atas (cover) dan pastikan tertutup dengan benar. Setelah cover ditutup dengan benar, secara otomatis mesin fax akan menyesuaikan diri dengan kertas yang baru dan kertas yang keluar berlebih akan dipotong secara otomatis.

    tutup kembali cover
    tutup kembali cover

  9. Selesai, sekarang mesin fax sudah bisa digunakan kembali. ^,^

    fax siap digunakan
    fax siap digunakan

6 comments:

  1. bagaimana cara ngerprint kembali dokument, kalau tiba2 kertasnya habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. (untuk mesin fax seperti di artikel ini), ketika ada fax masuk dan kebetulan posisi kertas habis, akan muncul peringatan 'out of paper' dan 'fax rx in memory', solusinya segera pasang kertas fax yang baru tetapi posisi mesin fax tetap tersambung ke listrik (jangan dimatikan), nanti secara otomatis fax masuk tadi akan tercetak setelah kertas fax dipasang. ^,^

      Delete
  2. mau tanya,
    kan mengirim fax, ternyata kertasnya terbalik, apakah fax nya terkirim/berhasil terkirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. kertasnya terbalik depan-belakang atau atas-bawah?
      untuk pengiriman, statusnya sama-sama terkirim, tetapi:
      kalau kertasnya terbalik depan-belakang tidak terbaca di penerima (blank putih atau kertas kosong), sementara kalau kertasnya terbalik atas-bawah terbaca terbalik di penerima. ^,^

      Delete
  3. waktu memasang kertas gulungan yg no 5.
    nah pasang kertas gulung nya terbalik, jadi kertas terulur dari bagian atas depan, terus kirim fax,
    kan seharusnya hasil cetakan terkirimnya ada tulisan, sementara ini kan terbalik jadi ga ada hasil cetakan terkirim,,
    apakah akan tetap terkirim kepada penerima ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau posisi mengirim kan kertasnya beda, mbak.
      kalau pasang kertas fax-nya terbalik seperti yang mbak maksud itu berpengaruh saat menerima fax, jadi waktu kita menerima fax statusnya ada fax masuk, kertas fax-nya keluar, tetapi tulisannya tidak tercetak di kertasnya karena tintanya tidak melekat di kertasnya. ^,^

      Delete