May 4, 2016

Kirim Surat Pakai Prangko

Surat dan Prangko
Surat dan Prangko

Pada artikel kali ini aku akan mencoba mengembalikan kenangan yang pernah dirasakan beberapa waktu yang lalu, atau mungkin bagi sebagian orang masih melakukan kegiatan ini sampai sekarang, hehehehe. Kegiatan apa itu? Ya, berkirim surat melalui pos.

Tumben, ada apakah gerangan ini tiba-tiba menulis artikel tentang berkirim surat via pos? Hehehehe, sebenarnya artikel ini idenya berasal dari salah satu kegiatanku beberapa hari yang lalu, yaitu di mana aku mengirimkan sticker dlaiqa.com kepada beberapa sahabatku yang terpisah jarak yang lumayan jauh dariku sehingga aku memanfaatkan layanan pos untuk mengirimkan sticker tersebut yang aku kemas dalam bentuk surat. Alasan lain mengapa aku memilih layanan pos surat pakai prangko adalah biayanya yang relatif paling murah di antara jasa pos atau jasa kiriman lainnya.

Oke deh, untuk sekedar kembali mengingatkan atau bagi yang belum pernah berkirim surat berprangko via pos, begini langkah-langkahnya.
  1. Masukkan isi surat ke dalam amplop, kemudian tulis nama dan alamat lengkap beserta kode pos si penerima surat di bagian depan amplop.

    tulis nama dan alamat si penerima (bagian depan amplop)
    tulis nama dan alamat si penerima (bagian depan amplop)

  2. Kemudian tulis juga nama dan alamat lengkap si pengirim. Karena pada kesempatan kali ini aku menggunakan amplop ukuran kecil dan tidak ada tempat untuk menulis di bagian depan amplop, maka nama dan alamat si pengirim aku tulis di bagian belakang amplop.

    tulis nama dan alamat si pengirim (bagian belakang amplop)
    tulis nama dan alamat si pengirim (bagian belakang amplop)

  3. Lalu siapkan prangko dan lem kertas untuk menempelkan prangko pada amplop. Prangko bisa dibeli di kantor pos, dan pada kesempatan kali ini aku menggunakan prangko yang berharga Rp.3.000,-.

    prangko
    prangko

  4. Tempel prangko di bagian depan amplop dengan menggunakan lem kertas.

    surat siap dikirim via pos
    surat siap dikirim via pos

  5. Nah, sekarang surat siap untuk dikirim via pos. ^,^

Artikel terkait:

22 comments:

  1. org kl dapet surat biasanya seneng padahal belum tentu berita baik

    btw, cara manual itu umumnya berbekas ^,^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sepertinya om riz pernah punya pengalaman dan kenangan dengan benda yang bernama surat. ^,^

      Delete
  2. terimakasih tutorialnya, besok ada tips apa lagi yah?

    ReplyDelete
  3. susah, rata rata kantor pos ngak mau nerima kiriman surat lagi! itu dianggap paket, kan ongkosnya mahal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. triknya begini, pertama beli perangkonya dulu, trus ditempel di tempat (di kantor pos), baru deh serahkan surat yang sudah ditempeli perangko ke petugas.
      pengalamanku pernah pas mau kirim surat, langsung ku kasihkan surat yang belum ditempeli perangko, lalu disebut sama petugas posnya kalau perangkonya stoknya lagi kosong (entah memang stoknya lagi kosong atau memang biar surat dikirim via layanan pos kilat). ^,^

      Delete
  4. bang mau nanya, tahun sekarang kira kira masih diterima gk kirim surat pakai perangko? terus apa perbedaannya perangko harga 3rb dng lainnya, mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih, oom.
      lebih mahal, lebih cepat sampainya.

      Delete
  5. Permisi,saya mau nanya nih,kemaren saya ngirim surat pake perangko ke Russia,itu kira2 berapa lama yah sampainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. unpredictable.
      pengalaman kirim surat pakai prangko dari lampung ke jogja sampai dalam waktu seminggu, sedangkan kirim dari lampung ke ogan komering ilir (yang notebene provinsi di sebelah lampung) malah sampai 34 hari baru sampai.
      hmm, berdo'a sajalah surat tersebut akan sampai, walau entah kapan sampainya. ^,^

      Delete
  6. aq blom pernah tuh ngrim surat pkek prangko, td cuman ngirim KTP ditaruh di amplop biayanya 30rb. nanti klok pakek prangko trus diserahin ke petugasnya di kenakan biaya lg gk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu bayar lagi.
      cukup tempelkan prangko di surat, kemudian kasih ke petugasnya. ^,^

      Delete
  7. Berapa biaya pengiriman surat dgn perangko...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharga prangko.
      kalau pakai prangko yang harga 3.000 ya 3.000, kalau pakai prangko yang harga 5.000 ya 5.000. ^,^

      Delete
  8. Kak, kalo misal saya mau ngirim2 undian berhadiah via pos yg ke alamat PO BOX bla bla itu gmna caranya? Baiknya tetep pake perangko atau paket pos kilat biasa? Cari yg ngirit juga kak, hehe.. Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja dengan mengirim surat biasa, masukkan ke dalam amplop, tulis alamat penerima (kalau alamat tujuan pakai jasa PO BOX, cukup tulis 'kepada: PO BO xxxx') dan alamat pengirim, lalu tempel prangkonya, lalu berikan ke petugas pos.
      pakai prangko bisa, pakai pos kilat juga bisa.
      cuma kalau pakai prangko sampainya lebih lama.
      untuk antisipasi coba tanya dengan petugasnya akan sampainya kira-kira berapa lama? dan perhatikan juga batas waktu pengiriman.
      untuk pengiriman pakai prangko, semakin banyak prangko yang ditempel akan semakin cepat sampainya. ^,^

      Delete
  9. Kalo umpama alamat penerima jauh dari kantor pos apa tetap diantarkan? Soalnya kan harganya murah gitu, apa kiriman itu tetap sampai ke alamat penulis Kak? Sedangkan jika ke alamat penulis harus siap bensin. Apa nggak rugi ya kak jasa posnya? 😂 hihi. Maaf nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah ini tergantung kepada si pak pos bagian pengantar suratnya, ada kasus yang sampai dan ada juga kasus yang tidak sampai ke alamat.
      kalau soal masalah rugi atau tidaknya kan berhubungan ke masalah pelayanan dari perusahaan tersebut. ^,^

      Delete
  10. kalau misalnya kirim ke luar negeri gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosesnya sama, tapi untuk lebih jelasnya silahkan tanya dengan petugas pos, untuk kirim surat ke luar negeri perlu berapa buah prangko yang ditempel. ^,^

      Delete
  11. Wah terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete