May 7, 2016

Berapa Lama Sampainya Kirim Surat Pakai Prangko?

Prangko
Prangko

Pada tulisan sebelumnya aku telah menceritakan bagaimana cara mengirimkan surat memakai prangko yang dikirimkan melalui layanan pos. Nah, kali ini aku akan me-review lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman surat berprangko tersebut. Oh iya, prangko yang aku gunakan adalah prangko dengan harga Rp.3.000,- dan masing-masing surat hanya aku tempelkan satu prangko saja. Sebagai informasi, semakin banyak prangko yang ditempelkan dalam sebuah surat maka surat tersebut akan makin cepat sampai di tujuan.

Total ada 14 surat yang akan aku kirimkan dengan tujuan tersebar di sekitar pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Surat-surat tersebut aku kirimkan melalui salah satu kantor pos di wilayah Bandar Lampung pada tanggal 14 April 2016. Berselang hampir seminggu dari waktu pengiriman akhirnya ada laporan bahwa surat dariku telah sampai dan diterima oleh sahabat-sahabatku. Hmm, berikut urutan terimanya.
  1. Kulon Progo (Yogyakarta), 20 April 2016, 6 hari.

    #01
    #01

  2. Salatiga (Jawa Tengah), 20 April 2016, 6 hari.

    #02
    #02

  3. Umbulharjo (Yogyakarta), 21 April 2016, 7 hari.

    #03
    #03

  4. Bojonegoro (Jawa Timur), 21 April 2016, 7 hari.

    #04
    #04

  5. Boyolali (Jawa Tengah), 21 April 2016, 7 hari.

    #05
    #05

  6. Pulo Gadung (Jakarta), 25 April 2016, 11 hari.

    #06
    #06

  7. Bekasi (Jawa Barat), 27 April 2016, 13 hari.

    #07
    #07

  8. Ciamis (Jawa Barat), 28 April 2016, 14 hari.

    #08
    #08

  9. Tangerang (Banten), 28 April 2016, 14 hari.

    #09
    #09

  10. Karawang (Jawa Barat), 3 Mei 2016, 19 hari.

    #10
    #10

  11. Jimbaran (Bali), 4 Mei 2016, 20 hari.

    #11
    #11

  12. Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan), 18 Mei 2016, 34 hari.

    #12
    #12

  13. Bekasi (Jawa Barat), Belum ada laporan diterima.
  14. Mojokerto (Jawa Timur), Belum ada laporan diterima.
(update sampai artikel ini diterbitkan)

Kesimpulan:
  • Layanan berkirim surat berprangko melalui pos masih ada.
  • Lama pengiriman tidak bisa diprediksi, berdasarkan proses pada kasusku di atas paling cepat menghabiskan waktu selama 6 hari untuk sampai ke alamat tujuan.
  • Keberadaan surat selama proses pengiriman tidak bisa dilacak seperti pengiriman surat yang menggunakan jasa kilat khusus.
  • Dekat atau jauhnya jarak dari daerah pengirim ke daerah penerima tidak bisa dijadikan acuan untuk lama pengiriman, hal ini bisa dilihat dari kasusku di atas, kiriman ke daerah Yogyakarta bisa lebih cepat sampai dari kiriman ke daerah Jakarta, padahal jika berdasarkan jarak, lebih jauh ke Yogyakarta dibandingkan ke Jakarta jika dari Lampung.
  • Layanan berkirim surat berprangko bisa dijadikan alternatif apabila surat yang akan dikirimkan tidak bersifat penting dan tidak terburu-buru (urgent).

Artikel terkait:

32 comments:

  1. kemungkinan didahulukan untuk pengiriman pos kilat di branch masing2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, atau mungkin sifatnya kolektif.
      hmm, hanya tuhan dan petugas pos yang tau. ^,^

      Delete
  2. Wahh.. daku masuk 6 besar, kira2 dapet bonus lagi gak yah?? #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah direspon aja dah makasih :p

      Delete
    2. Kalo ngirim lamaran kerja pake perangko kira2 nyampe ke tujuan ndak

      Delete
    3. untuk yang sifatnya penting (urgent) sebaiknya gunakan jasa pos kilat atau pos khusus, karena bisa dilacak posisinya. kalau kirim pakai prangko ndak bisa dilacak.

      Delete
  3. Mba rika sisa surat itu akhirnya sampai tidak mba? Ko kiriman surat dari yogya ke bogor memakai prangko 5 ribu sampai sekarang belum sampai ya mba sudah sebulan 😥 sedangkan ke batam seminggu sudah sampai dan prabumulih sampai tidak sampai sebulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 surat terakhir tidak sampai, huhuhuhu.
      itulah kelemahannya berkirim surat pakai prangko, dan keberadaan surat juga tidak bisa dilacak.
      hmm, solusinya bisa ditanya ke kantor pos di alamat tujuan, soalnya ada beberapa kasus surat nyangkut di kantor pos tujuan. ^,^

      Delete
    2. pergi ke kantor pos terdekat dengan alamat tujuan, lalu tanya dengan petugasnya, ada atau tidak surat dari si ini kepada si itu (sebutkan nama pengirim dan nama penerima beserta alamatnya sesuai yang tertulis di surat).
      kalau tidak ada di kantor pos terdekat, ya terpaksa ke kantor pos pusat di kabupaten atau provinsi alamat tujuan, prosesnya sama. ^,^

      Delete
    3. Mas wahyu, suratnya sampai ke bogor ga? Saya jg kirim ke bogor ga nyampe2:(( baru mau 2 minggu sih

      Delete
  4. Nahh klo biasanya undian² berhadiah itu alamat PO BOX dan harus dikirim pakai pos, paje perangko gmn yaa? Dri bekasi ke Jakarta yg deket, sampenya sebulan x yaaa😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. unpredictable, mbak.
      soalnya tidak bisa dilacak, hehehehe.
      tapi kalau tujuannya ke nomor PO BOX kemungkinan besar sih sampai karena tujuannya adalah kantor pos tempat PO BOX tersebut, jadi yang menyewa PO BOX yang datang ke kantor pos untuk mengambil surat atau kirimannya. ^,^

      Delete
  5. Oooo gitu ya..heheheh..baru ngerti apa yang di maksud PO BOX..heheh
    pasti mba siwi mala ngeliatn undian iklan kopi kapal api...hehehehehe

    ReplyDelete
  6. Mbak.. bisa minta tolong dibantu share informasi resmi dari kantor pos mengenai biaya tarif kirim surat menggunakan perangko, jika menggunakan perangko lebih dengan nilai lebih banyak surat lebih cepat sampai, mohon bantuannya ya mbak, karena hampir setiap hari aku kirim surat menggunakan perangko 3000, pas aku lebihin jadi perangko @3000x2=perangko 6000 temen ada yang nanya dan aku baru sadar, "emang kalo dilebihin bisa lebih cepat sampai?itu pendapat pribadi atau ada informasi resminya?", langsung mak dekk.. baru sadar aku.. mohon dibantu ya mbak, Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di halaman situs resmi pos indonesia tidak ada rincian tarifnya, hanya di halaman tersebut tertulis 'menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu.'

      hmm, dulu pernah pengalaman sih, pas waktu kirim surat via pos pakai prangko dibilang sama petugasnya kalau surat mau cepat sampai prangkonya ditempel lebih banyak, tapi kurang jelas juga alasan detailnya. ^,^

      Delete
  7. Kalau kirim surat lebih dari 1 tp ke alamat yg sama ongkirnya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang sama petugasnya kirim ke satu alamat, kalau petugasnya (lagi) baik nanti biasanya suratnya dibuat satu bundel.
      atau kalau mau praktis, beli amplop besar (amplop buat kirim surat lamaran pekerjaan), lalu masukkan semua suratnya ke dalam satu amplop besar, lalu tempel prangko, lalu kirim. ^,^

      Delete
  8. Klo kirim undian dr medan ke jakarta pakai prangko 3000x1 bisa gak y? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi lama pengiriman dan posisi surat tidak bisa dilacak. ^,^

      Delete
  9. Kalo perangkonya salah masih bisa diproses gak ya kak pengirimannya? Soalnya kapan hari aku kirim surat dari Surabaya ke kota lain di Jawa Timur, tapi perangkonya pake yang luar Jatim. Sebenarnya itu tugas kuliah, berhubung bingung cari perangko, akhirnya aku beli dari temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. prangko berlaku nasional (seluruh indonesia). ^,^

      Delete
  10. Sangat informatif blognya, sukses terus kepada penulis

    ReplyDelete
  11. mbak kl kirim undian ke P.O.BOX kudu pakai perangko jg kah? kan sudah disewa sama perusahaan yg ngadain undian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, masih harus pakai prangko.
      kecuali pihak penyelenggara menyediakan dropbox di tempat-tempat yang telah ditentukan.
      harap dibedakan antara po.box dan dropbox. ^,^

      Delete
  12. Mbak, kalau kita kirim undian ke PO BOX pakai perangko lalu dikirim dgn jasa pos kilat kira-kira bisa sampe cepat gak ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah pakai pos kilat tidak perlu lagi pakai prangko. ^,^

      Delete
  13. Buat tarif kiriman pakai perangko bisa diliat di permen kominfo nomor 29 tahun 2013.
    Kiriman Kartu pos dalam negri 3000, asia 6000-7000, eropa 7000, afrika 7000, amerika 8000. cmiiw

    ReplyDelete