April 17, 2016

Mengganti Tutup Radiator Kijang Super

Tutup Radiator (Radiator Cap)
Tutup Radiator (Radiator Cap)

Kerjaan iseng hari ini adalah mengganti tutup radiator (radiator cap) pada mobil Toyota Kijang Super. Kenapa harus diganti? Ya, karena kondisi karetnya sudah mulai rapuh dan rontok, serta kondisi per-nya juga sudah agak keras. Yang jika tidak segera diganti akan menimbulkan masalah pada jalur pendingin mesin atau jalur radiator.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran dan tekanan tutup radiator. Pada mobil Toyota Kijang Super menggunakan tutup radiator dengan tekanan 0.9 bar, untuk mengetahuinya sangat mudah karena pada tutup radiator tertera angka 0.9. Dan untuk merk-nya akan aku pakai sesuai dengan merk tutup radiator yang lama, yaitu merk Denso.

Setelah mengetahui spesifikasi barang yang akan dibeli langsung saja aku menuju toko suku cadang kendaraan untuk membeli suku cadang yang dimaksud. Harganya cukup terjangkau untuk orang yang sudah sanggup memelihara mobil, yaitu seharga Rp.35.000,- (harga per April 2016), hehehehe. Inilah penampakannya.

tutup radiator baru
tutup radiator baru
perbandingan tutup radiator lama dan baru
perbandingan tutup radiator lama dan baru

Nah, setelah tutup radiator yang baru sudah dibeli, langsung saja deh lepas tutup radiator yang lama dari radiator, kemudian bersihkan kotoran yang berada di sekitar mulut lubang tutup radiator, lalu pasang tutup radiator yang baru. Mudah sekali bukan? Dan sekarang mobil pun bisa dikendarai dengan perasaan tenang tanpa memikirkan masalah tutup radiator, hehehehe. ^,^

No comments:

Post a Comment