March 19, 2016

dlaiqa.com Terkena Jingling (Auto Visitor Bot)

Statistik Penayangan Harian dlaiqa.com

Hari ini ada yang agak aneh dengan statistik blog dlaiqa.com, ketika aku sedang melakukan pengecekan di beranda administrator (dashboard) blog-ku, tepatnya di bagian statistik penayangan, ada pemandangan yang tidak biasa. (lihat gambar di atas) Yup, di situ tertulis bahwa penayangan pada hari ini di posisi pertama adalah berjumlah 2.279, jumlah ini naik cukup signifikan di mana umumnya untuk saat ini dlaiqa.com jumlah penayangan per harinya hanya sekitar 300-400 penayangan, itu jumlah total lho, bukan jumlah per negara. Dan yang paling mengejutkan lagi adalah negara yang tertulis di situ adalah negara Israel, sekali lagi aku ulangi, Is-ra-el, hah!, sesuatu hal agak aneh untuk statistik blog antah-berantah yang berbahasa Indonesia, hehehehe.


statistik penayangan berdasarkan browser dan sistem operasi

Lho, bukannya senang jumlah pengunjung blog naik atau bertambah? Hmm, ya senang sih, itu artinya blog-ku mulai dikenal orang dan tulisanku dibaca orang, hehehehe. Eits, tetapi jangan senang dulu, tunggu dulu, setelah browsing di internet dan bertanya dengan mamasku, itu adalah ulah aplikasi iseng yang dieksekusi oleh orang iseng untuk memanipulasi data pengunjung pada suatu situs atau disebut dengan istilah auto visitor bot dan atau juga disebut dengan istilah jingling karena untuk mengeksekusi kegiatan ini digunakan program aplikasi asal negeri tirai bambu yang bernama jingling. Dan aku tidak tahu pasti apakah auto visitor bot yang mampir ke blog-ku adalah karena ulah iseng disengaja atau tidak disengaja, huhuhuhu.

Hmm, apakah sudah yakin kalau blog ini dihampiri oleh auto visitor bot? bisa tahu dari mana, hayo? Hmm, yang membuat aku yakin adalah pertama dari negara asal pengunjung, tidak ada angin dan tiada hujan kok tiba-tiba blog-ku disatroni oleh pengunjung dari Israel, sampai dua ribuan lagi jumlahnya, hahahaha. Soal spionase? Never mind! dari pada spionase lebih baik spion koso original deh untuk dipasang di sepeda motor piksen kesayanganku, hohohoho. Lagian juga isi blog ini sepertinya tidak ada materi yang nyerempet-nyerempet pasal et ducit mundum per luce deh, hehehehe.

Kemudian yang kedua yang membuat aku semakin yakin kalau fenomena ini adalah akibat auto visitor bot adalah ketika aku melakukan cross-check antara data statistik di blogger dashboard, webmasters dan analytics, ada yang tidak singkron, di mana jejak pengunjung dadakan tersebut tidak terekam di webmasters dan analytics. Dan yang terakhir membuat aku yakin adalah pengalaman teman-teman blogger yang lain, yang ternyata sudah berpengalaman dan lebih dulu mendapatkan kejadian seperti ini.

Hmm, oke deh, demikian yang bisa aku ceritakan untuk kasus kali ini. Untuk pengguna program aplikasi auto visitor bot atau jingling boleh saja dipakai, tetapi alangkah lebih baiknya gunakanlah di blog atau situs anda sendiri, jangan dicoba di blog atau situs milik orang lain. Be wise. Dan untuk yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini aku ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat. ^,^

No comments:

Post a Comment