March 15, 2016

Cara Aktivasi Windows 7

Windows 7 Professional
Windows 7 Professional

Hmm, mungkin ini adalah artikel yang sudah basi atau telat, hehehehe. Tetapi karena di blog dlaiqa.com ini belum ada artikel tentang materi ini dan kebetulan juga aku ada waktu luang serta berkesempatan untuk menulisnya, ya sudah deh, jadilah artikel ini, hehehehe.

Beberapa waktu yang lalu, mamasku dan aku diminta tolong oleh Mbak Mila untuk menyeting jaringan dan perangkat komputer, telepon dan internet di kedai baru milik Mbak Mila. Dan tugasku adalah bagian instalasi komputer. Ada beberapa komputer yang akan di-install dengan sistem operasi Windows 7 Professional 32-bit.

Oke deh, mari kita mulai kerjanya, hehehehe.

Pertama pastikan kemasan sistem operasi Windows 7 yang dibeli masih dalam keadaan disegel, segel pada kemasan luar ada 2 segel, di bagian bawah dan di bagian samping (lihat tanda panah).

kemasan yang masih disegel
kemasan yang masih disegel

Kemudian perhatikan pada bagian kanan atas tertera versi Windows (lihat tanda panah).

versi Windows
versi Windows

Nah, sekarang mari buka kemasannya, tarraaaa, ternyata ada kemasan lagi di dalamnya berupa amplop karton berwarna biru yang masih disegel (lihat tanda panah).

kemasan di bagian dalam yang masih disegel
kemasan di bagian dalam yang masih disegel

Keluarkan amplop biru tersebut, di baliknya terdapat sticker yang tertulis versi Windows (lihat panah A) dan kode produk (product key) atau yang sering disebut dengan istilah serial number (lihat panah B). Sticker ini sering disebut dengan istilah COA (Certificate Of Authenticity) yang nantinya harus ditempelkan pada CPU atau laptop yang di-install sistem operasi tersebut.

kemasan amplop di bagian dalam
kemasan amplop di bagian dalam
versi Windows dan product key
versi Windows dan product key

Kemudian buka amplop biru tersebut, dan isinya adalah sebuah keping dvd installer Windows 7.

keping dvd installer
keping dvd installer

Setelah kemasan dibuka dan lengkap terdiri dari satu keping dvd installer dan sticker COA yang tertera kode produk (product key), langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi sistem operasi windows pada CPU atau laptop yang akan di-install. Atau jika pada CPU atau laptop sudah ter-install sistem operasi windows yang versinya sama, misalnya dalam kasus ini adalah Windows 7 Professional 32-bit, tidak perlu dilakukan proses instalasi ulang lagi, cukup dengan melakukan langkah aktivasi saja.

Hmm, aku anggap proses instalasi sistem operasi Windows 7 di CPU atau laptop sudah selesai, sekarang langsung kita melakukan proses aktivasi. Oh iya, karena proses aktivasi yang aku lakukan menggunakan metode aktivasi online via internet, jadi pastikan dulu CPU atau laptop yang akan di-aktivasi sudah terkoneksi dengan internet. Oke deh, berikut langkah-langkahnya.
  1. Nyalakan CPU atau laptop, setelah siap lalu klik kiri pada ikon jendela atau Start yang berada di pojok kiri bawah layar monitor (lihat panah A) atau bisa juga dengan cara menekan tombol jendela yang ada di keyboard. Kemudian arahkan ke tulisan Computer, lalu klik kanan (lihat panah B). Kemudian akan muncul kotak menu, lalu klik kiri pada Properties (lihat panah C).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian akan muncul halaman tentang sistem operasi. Kemudian klik kiri pada tautan tulisan '? days to activate. Activate Windows now' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Lalu akan muncul kotak halaman aktivasi Windows, klik kiri pada tulisan 'Activate Windows online now' (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Kemudian masukan kunci produk atau biasa sering disebut dengan serial number yang tertera pada sticker yang menempel di amplop warna biru kemasan (lihat panah A), lalu klik kiri pada tombol 'Next (lihat panah B).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Kemudian sistem akan melakukan verifikasi, pastikan koneksi internet dalam keadaan baik dan lancar, tunggu sampai proses verifikasi selesai.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Setelah proses verifikasi selesai akan muncul kotak halaman yang bertuliskan 'Activation was successful' (lihat tanda panah). Kemudian klik tombol Close yang berada di sebelah kanan bawah. Selesai.

    langkah 6
    langkah 6

  7. Dan untuk memastikan apakah aktivasi yang dilakukan sudah benar bisa dicek dengan cara mengulangi langkah nomor satu. Apabila aktivasi dilakukan dengan benar maka akan tertera tulisan 'Windows is activated' (lihat tanda panah).

    langkah 7
    langkah 7

Mudah sekali bukan?

Oh iya, jangan lupa juga untuk menempelkan sticker COA pada CPU atau laptop di mana sistem operasi Windows 7 di-install.

No comments:

Post a Comment