19 Februari 2016

Membersihkan Dan Mengganti Saringan Udara Pada Yamaha V-ixion

Saringan Udara (Air Filter) Yamaha V-ixion
Saringan Udara (Air Filter) Yamaha V-ixion

Hmm, kerjaan iseng hari ini adalah aku akan mencoba membersihkan saringan udara atau air filter pada sepeda motor Yamaha V-ixion tahun 2011. Sebagai informasi, saringan udara atau air filter adalah salah satu bagian penting pada sepeda motor yang berfungsi menyaring udara dari luar yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Dan jika saringan udara sudah dalam keadaan rusak atau sudah tidak berfungsi dengan baik lagi maka debu dan kotoran akan ikut masuk ke dalam ruang bakar sehingga bisa mengakibatkan piston, ring dan silinder akan cepat mengalami keausan.

Menurut buku panduan pengguna, elemen saringan udara harus diperiksa setiap 3.000 kilometer dan disarankan untuk diganti setiap 10.000 kilometer. Apabila sepeda motor sering dioperasionalkan di daerah berdebu maka elemen saringan udara harus sering-sering diperiksa dan dibersihkan atau diganti dengan yang baru. Saringan udara yang digunakan pada sepeda motor ini adalah jenis saringan udara tipe kering yang berbahan kertas. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci sok ukuran 10' dan obeng (+).

    kunci sok dan obeng (+)
    kunci sok dan obeng (+)

  2. Posisikan sepeda motor secara tegak dengan menggunakan standar tengah, lalu lepaskan baut pengunci tangki yang ada di bagian depan tangki dengan menggunakan kunci sok ukuran 10' (lihat tanda panah).

    lepaskan kedua baut
    lepaskan kedua baut

  3. Lepaskan jok tempat duduk, kemudian lepaskan baut pengunci yang terletak di bagian belakang tangki dengan menggunakan kunci sok ukuran 10' (lihat tanda panah), baut pengunci ada 2 buah masing-masing 1 buah di sebelah kanan dan kiri.

    lepaskan baut pengunci
    lepaskan baut pengunci

  4. Lepaskan socket kabel pompa bahan bakar (warna hitam) dan socket selang bahan bakar (yang ada pengunci warna oranye) yang terletak di bagian bawah tangki bahan bakar (lihat tanda panah). -- Abaikan langkah ini jika tidak ingin membersihkan socket-socket dan kabel-kabel yang berada di bagian bawah tangki bahan bakar --.

    lepaskan kabel fuel pump dan selang bahan bakar
    lepaskan kabel fuel pump dan selang bahan bakar

  5. Bersihkan socket-socket dan kabel-kabel dari debu dan kotoran. -- Abaikan langkah ini jika tidak ingin membersihkan socket-socket dan kabel-kabel yang berada di bagian bawah tangki bahan bakar --.

    bersihkan socket
    bersihkan socket
    bagian bawah tangki bahan bakar
    bagian bawah tangki bahan bakar

  6. Kemudian taruh tangki bahan bakar di tempat yang aman. -- Abaikan langkah ini jika tidak ingin membersihkan socket-socket dan kabel-kabel yang berada di bagian bawah tangki bahan bakar --.

    taruh tangki di tempat aman
    taruh tangki di tempat aman

  7. Kemudian lepaskan 4 buah sekrup pengunci rumah saringan udara (lihat tanda panah), gunakan obeng (+). Lalu lepaskan penutup rumah saringan udara.

    lepas ke-empat sekrup pengunci
    lepas ke-empat sekrup pengunci

  8. Lepaskan elemen saringan udara dari tempatnya, kemudian periksa apakah masih bisa digunakan atau tidak. Jika masih bisa digunakan cukup bersihkan dengan udara bertekanan atau kompresor udara. Dan jika sudah tidak bisa digunakan lagi, sudah terlalu kotor dan ada bagian yang sobek, gantilah dengan elemen saringan udara yang baru.

    elemen saringan udara
    elemen saringan udara

  9. Kemudian bersihkan bagian dalam rumah saringan udara dengan menggunakan kain lap atau tisu. Bagian dalam rumah saringan udara harus dalam posisi kering dan bersih dari segala kotoran.

    bagian dalam rumah saringan udara
    bagian dalam rumah saringan udara

  10. Setelah elemen saringan udara dibersihkan, pasang kembali saringan udara di tempatnya atau pasang saringan udara yang baru jika saringan udara yang lama sudah dalam kondisi rusak dan sudah tidak bisa dibersihkan.

    pasang kembali saringan udara
    pasang kembali saringan udara

  11. Pasang kembali penutup rumah saringan udara, lalu pasang kembali dan kencangkan ke-empat sekrup penguncinya (lihat tanda panah) dengan menggunakan obeng (+).

    pasang kembali sekrup pengunci
    pasang kembali sekrup pengunci

  12. Kemudian tempatkan kembali tangki bahan bakar di tempatnya, lalu pasang kembali socket kabel pompa bahan bakar dan selang bahan bakar. Pastikan terpasang dengan sempurna dan jangan sampai ada yang kendor.

    pasang kembali kabel fuel pump dan selang bahan bakar
    pasang kembali kabel fuel pump dan selang bahan bakar

  13. Kemudian pasang kembali dan kencangkan baut pengunci yang berada di bagian belakang tangki (lihat tanda panah), gunakan kunci sok ukuran 10'.

    pasang kembali baut pengunci
    pasang kembali baut pengunci

  14. Lalu pasang kembali dan kencangkan kedua baut pengunci yang terletak di bagian depan tangki dengan menggunakan kunci sok ukuran 10' (lihat tanda panah).

    pasang kembali baut pengunci
    pasang kembali baut pengunci

  15. Pasang kembali jok tempat duduk, dan selesai. ^,^

Tonton video-nya di sini:


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli filter udara Yamaha V-ixion di sini:

Filter Udara Yamaha V-ixion
shopee


blibli


Artikel terkait:

4 komentar: