February 20, 2016

Kesulitan Menulis Komentar Di dlaiqa.com? Begini Caranya

ilustrasi
ilustrasi

Kemarin ketika sedang berselancar di media sosial facebook ada pesan masuk di inbox, ternyata dari salah satu temanku di daftar pertemanan di akun facebook-ku, yaitu Mbak Sri. Isi pesannya adalah "Mba...klo mau komen di blog susah". Intinya beliau ini hendak menulis komentar di salah satu artikel di blog-ku yang kebetulan artikelnya aku bagikan (share) di beranda akun facebook-ku, tetapi beliau merasa kesulitan karena komentar yang ingin ditulis tidak bisa muncul ketika ingin diterbitkan (publish). Oh iya, beliau ini menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android.

Hmm, karena blog yang aku kelola tersebut sudah aku atur kalau pembaca tanpa identitas (anonymous) bisa meninggalkan komentar di artikel blog, seharusnya tidak ada masalah lagi dan siapa saja bisa berkomentar di blog-ku secara bebas (tapi sopan lho ya, hehehehe).

Oke deh, jika ingin menuliskan komentar di blog-ku, begini caranya:
  1. Di bagian akhir (paling bawah) artikel terdapat kolom untuk menulis komentar. Pertama kali tulislah komentar yang ingin ditulis (lihat panah A), lalu arahkan kursor ke pilihan 'Comment as:' klik tanda segitiga (lihat panah B), kemudian pilih 'Anonymous' (lihat panah C).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Pastikan pada bagian 'Comment as:' sudah menjadi 'Anonymous' (lihat panah A), kemudian klik 'Publish' (lihat panah B).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian beri check list yang terletak di sebelah tulisan 'I'm not a robot' (lihat panah A), lalu klik 'Publish' (lihat panah B).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Taarrraaaa, komentar anda pun sudah muncul di kolom komentar salah satu artikel tanpa perlu log in (masuk) terlebih dahulu di salah satu akun yang tersedia di fasilitas komentar. Hmm, mudah bukan? ^,^

    langkah 4
    langkah 4

Catatan:
Karena beberapa waktu yang lalu ada yang menuliskan komentar dengan menyertakan tautan aktif dan tautan menuju ke situs yang aku anggap tidak layak untuk dikunjungi, untuk sementara mode komentar aku atur ke mode moderasi, jadi komentar tidak akan langsung muncul ketika ditulis dan di-klik publish, terlebih dahulu harus melalui persetujuanku selaku administrator blog ini. Harap untuk dapat dimaklumi dan terima kasih atas perhatiannya. ^,^

14 comments: