February 9, 2016

Fun Riding: Dari Bandar Lampung Ke Metro Via Jalur Alternatif

Kota Metro, Lampung

Hmm, pada artikel kali ini aku akan menceritakan tentang perjalananku dari Kotamadya Bandar Lampung, tepatnya dimulai dari asrama tempat tinggalku ketika aku sedang berada di Bandar Lampung yaitu di sekitar daerah Rajabasa menuju Kota Metro, tepatnya di sekitar Alun-Alun Kota Metro. Oh iya, pada perjalanan kali ini aku akan mencoba rute alternatif, yaitu Rajabasa - Labuhan Dalam - Jati Agung - Karang Anyar - Kebun Karet Trikora PTPN 7 - Suka Damai - Metro Kibang - Metro Selatan - Kota Metro. Artinya aku akan melewati 2 Kotamadya, yaitu Kotamadya Bandar Lampung dan Kota Metro, serta 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Lampung Timur. Oke deh, mari kita mula ceritanya.

Sebelum berangkat sebaiknya cek terlebih dahulu segala perlengkapan sepeda motor dan pengendaranya. Setelah semua dirasa siap marilah kita mulai perjalanannya. Pada perjalanan di kesempatan kali ini sepeda motor yang akan aku kendarai adalah sepeda motor jenis matic milik Mbak Mila, yaitu Yamaha Mio J tahun 2012. Perjalanan dimulai dari asramaku yang terletak tak begitu jauh dari Terminal Rajabasa. Dan seperti biasa, aku terlebih dahulu mengambil gambar angka yang tercatat di odometer, yaitu 12.396,2.

odometer titik awal - asrama, Rajabasa

Berkendaralah menuju perempatan Jalan Untung Surapati. Karena aku dari Rajabasa melalui Jalan Soekarno-Hatta (by pass), setelah sampai di perempatan lampu merah Jalan Untung Surapati, belok ke kiri ke arah Labuhan Dalam. Ikuti saja jalan itu terus kira-kira sekitar 10 kilometer dan nanti akan sampai di daerah Karang Anyar.

pertigaan sebelum pasar Karang Anyar

Di sekitar pasar Karang Anyar akan terlihat papan petunjuk jalan, jalan lurus terus dan ikuti arah ke Metro.

Pasar Karang Anyar

Setelah melewati daerah Karang Anyar, kita akan memasuki wilayah perkebunan karet Trikora milik PTPN-7. Suasana di sini begitu sejuk karena sepanjang jalan diteduhi oleh pepohonan karet, dan jika anda ada waktu luang anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati suasana perkebunan karet atau sekedar mengabadikan gambar, hehehehe.

memasuki perkebunan karet Trikora PTPN-7
papan petunjuk PTPN-7
suasana perkebunan karet
ambil foto dulu ^,^

Setelah melintasi perkebunan karet, kita akan disuguhi pemandangan persawahan, perkampungan warga dan pasar tradisional. Daerah yang akan kita lewati adalah Suka Damai (Lampung Selatan), Metro Kibang (Lampung Timur) dan Metro Selatan (Metro).

jembatan
sawah (1)
sawah (2)
kondisi jalan

Setelah menempuh perjalanan sekitar 50 menit sudah sampailah kita di Metro, tapi belum sampai pusat kotanya. Oh iya, aku mampir sebentar di Kampus FKIP PGSD Universitas Lampung UPP Metro karena ada berkas yang harus diberikan dan diambil. Hmm, sampai di sini ternyata aku telah menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer.

Kampus PGSD UPP Metro, Universitas Lampung
odometer ketika di Kampus PSGD UPP Metro

Setelah urusanku di tempat tadi selesai, ayo kita lanjutkan perjalanan yang masih beberapa kilometer lagi. Tak jauh dari kampus tadi kita akan menjumpai perempatan, sebelum perempatan ada papan petunjuk arah, ambil jalan lurus terus ke arah Kota Metro.

papan petunjuk jalan tak jauh dari kampus PGSD UPP Metro

Setelah itu akan kembali ditemui perempatan lampu merah, perhatikan papan petunjuk jalannya, beloklah ke arah kanan.

perempatan lampu merah
papan petunjuk jalan

Tarraaaa, sampailah kita di perempatan Alun-Alun Kota Metro, jalan terus sedikit lagi lalu beloklah ke kanan, sampai deh di Alun-Alun Kota Metro. ^,^

perempatan alun-alun Kota Metro (1)
perempatan Alun-Alun Kota Metro (2)
Selamat Datang Di Kota Metro
odometer titik akhir - sekitar Alun-Alun Kota Metro

Oh iya, total jarak yang telah aku tempuh sepanjang perjalanan ini adalah 40,3 kilometer dan memakan waktu sekitar 60 menit. Hmm, soal kondisi jalan saat ini (sekitar awal bulan Februari 2016) bisa dikatakan bagus sekitar 70%, yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan di sepanjang Karang Anyar, perkebunan karet PTPN-7 dan Suka Damai ada beberapa ruas jalan yang kondisinya rusak, tetapi masih bisa dilalui dengan kecepatan rendah sekitar 20-30 kilometer per jam. Kemudian sepanjang Metro Kibang sampai ke Kota Metro kondisi jalan bagus.

No comments:

Post a Comment