December 6, 2015

Jajanan Malam - Ketoprak Cirebon

Ketoprak
Ketoprak 

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang salah satu menu jajanan atau kuliner yang tersedia di sekitar wilayah Bandar Lampung, yaitu Ketoprak Cirebon. Kenapa aku sebut jajanan malam? Ya, karena di sekitar wilayah Bandar Lampung jajanan ini baru muncul ketika malam menjelang, sekitar waktu ba'da maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Tidak susah menemukan jajanan ini di sekitar kota Bandar Lampung, mereka tersebar di tepi jalan-jalan protokol di sekitar wilayah Bandar Lampung, dengan gerobak khas yang berwarna hijau dan ada tulisan 'Ketoprak Cirebon' di gerobaknya. Hmm, kali ini aku akan mencoba salah satu dari beberapa ketoprak yang tersedia di kota Bandar Lampung, tepatnya di seberang jalan masuk ke Universitas Lampung atau tidak jauh dari Ramayana-Robinson Rajabasa.

khas Cirebon
khas Cirebon

Setibanya di tempat, langsung saja pesan ke pedagang yang merangkap sebagai pelayan, "Mas, makan di sini, sedang.", maksudnya adalah kita pesan ketoprak untuk dimakan di tempat dengan tingkat kepedasan sedang. Tak lama kemudian pedagang memproses pesanan kita tersebut, jika tidak ada pelanggan lain maka pesanan kita langsung diproses dan jika ada pelanggan lain maka pesanan kita akan diproses sesuai urutan. Setelah selesai memesan, kemudian duduklah di tempat yang telah disediakan.

ketoprak sedang diproses
ketoprak sedang diproses

Tak lama kemudian ketoprak pesanan kita akan tersaji di meja hadapan kita dan siap untuk dinikmati, tarraaaaa.

ketoprak siap dinikmati
ketoprak siap dinikmati

Oh iya, Ketoprak Cirebon ini terdiri dari bihun, kecambah (tauge), tahu goreng, lontong, mentimun, bawang goreng, yang diletakkan di atas kuah bumbu kacang dalam sebuah piring, dan ada juga krupuk yang disediakan secara terpisah. Anda juga bisa menambahkan kecap manis yang telah disediakan. Satu porsi Ketoprak Cirebon ini dapat anda dapatkan dengan harga Rp.12.000,- (harga saat tulisan ini dipublikasikan). Oke deh, selamat menikmati hidangan Ketoprak Cirebon di tengah suasana malam hari di kota Bandar Lampung. ^,^


Artikel terkait:

2 comments: