November 1, 2015

Mengganti Dan Menguras Minyak Rem Depan Yamaha V-ixion

Yamaha V-ixion
Yamaha V-ixion

Kerjaan iseng hari ini adalah mengganti dan menguras minyak rem depan pada sepeda motor Yamaha V-ixion (FZ150i v2). Kenapa harus diganti dan dikuras? Karena sudah selama empat tahun minyak rem depan belum pernah diganti atau dikuras, hanya pernah ditambah ketika mengganti kampas rem depan sekitar dua tahun yang lalu.

Seperti kita ketahui, rem adalah salah satu bagian vital pada sebuah kendaraan. Dan tidak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena rem blong atau rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut sudah selayaknya rem mendapat perhatian khusus dari pemakai kendaraan.

Mengganti dan menguras minyak rem susah dilakukan sendiri? Aah, tidak juga, hanya diperlukan sedikit kesabaran dan ketelitian dalam melakukannya, hehehehe. Hmm, ingin tahu caranya? Ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya. ^,^

Caranya:
  • Siapkan minyak rem. Yamaha V-ixion direkomendasikan memakai minyak rem jenis dot-3 atau dot-4. Pada kesempatan kali ini aku menggunakan minyak rem jenis dot-3.

    minyak rem
    minyak rem

  • Siapkan juga peralatan berupa obeng (+), kunci pas ukuran 8' dan karet gelang.

    peralatan utama
    peralatan utama

  • Peralatan tambahan bisa juga disiapkan, yaitu berupa botol, selang waterpass, kain lap dan air bersih.

    peralatan tambahan (opsional)
    peralatan tambahan (opsional)

  • Setelah semua siap, posisikan sepeda motor dengan standar tegak di tempat yang rata, lalu lepaskan dua buah sekrup yang berada pada tutup tabung (reservoir) minyak rem di dekat tuas rem depan dengan menggunakan obeng (+).

    lepaskan sekrup pada tabung minyak rem
    lepaskan sekrup pada tabung minyak rem
    sekrup telah dilepas
    sekrup telah dilepas

  • Kemudian lepaskan penutup tabung dan karet seal. Bersihkan jika terdapat kotoran.

    sekrup, tutup tabung dan karet seal
    sekrup, tutup tabung dan karet seal

  • Lalu bersihkan sekitar mulut tabung minyak rem jika terdapat kerak atau kotoran.

    bersihkan mulut tabung minyak rem
    bersihkan mulut tabung minyak rem

  • Kemudian lepaskan karet penutup nepel yang terletak di sekitar kaliper rem depan, lalu kendurkan nepel dengan menggunakan kunci pas ukuran 8' (lihat tanda panah).

    karet penutup nepel
    karet penutup nepel
    kendurkan nepel dengan kunci pas ukuran 8'
    kendurkan nepel dengan kunci pas ukuran 8'

  • Kemudian pasang selang waterpass di nepel dan hubungkan dengan botol yang telah disiapkan. Botol berfungsi sebagai tempat penampungan minyak rem yang akan diganti dan selang waterpass berfungsi sebagai penghubung antara nepel dengan botol agar pada saat proses pengurasan minyak rem tidak tumpah kemana-mana, karena sifat minyak rem yang kurang bersahabat dengan lapisan cat. Dan apabila minyak rem mengenai bagian sepeda motor, khususnya bagian plastik, segera diguyur atau disiram dengan air bersih kemudian dilap sampai kering karena jika tidak akan merusak lapisan cat pada sepeda motor.

    hubungkan nepel dengan botol melalui perantara selang waterpass
    hubungkan nepel dengan botol melalui perantara selang waterpass

  • Nah, sekarang proses pembuangan minyak rem lama. Pompa atau tekan berulang-ulang secara perlahan tuas rem depan untuk membuang minyak rem. Lakukan sampai tidak ada tekanan pada tuas rem depan dan tidak ada minyak rem yang keluar dari saluran pembuangan (nepel) yang dihubungkan ke botol.

    pompa tuas rem depan
    pompa tuas rem depan

  • Setelah minyak rem lama terbuang, kencangkan kembali nepel, tapi jangan terlalu kencang karena akan menyulitkan proses pengisian minyak rem jika nepel dikencangkan penuh. Cukup diputar dengan tangan kosong.

    kencangkan nepel
    kencangkan nepel

  • Kemudian tuangkan minyak rem baru ke dalam tabung minyak rem.

    isi tabung minyak rem
    isi tabung minyak rem

  • Setelah itu pompa kembali tuas rem depan secara berulang-ulang dengan perlahan. Ini bertujuan untuk mengalirkan minyak rem ke seluruh ruangan yang harus dipenuhinya, dan juga untuk membuang udara yang terjebak dalam saluran minyak rem, atau sering disebut dengan istilah 'angin palsu'. Perlu diketahui, adanya angin palsu dapat menyebabkan piston rem tidak mendorong kampas rem untuk mengapit piringan cakram, sehingga proses pengereman tidak berjalan sempurna.

    pompa kembali tuas rem depan
    pompa kembali tuas rem depan

  • Nah, sekarang kita sampai pada tahap seninya proses mengganti dan menguras minyak rem, yaitu membuang angin palsu dan menyetel rem, hehehehe. Untuk membuang angin palsu, pompa tuas rem berulang-ulang dengan perlahan sekitar 5-6 kali, lalu tahan tuas rem, kemudian kendurkan nepel. Lakukan berulang-ulang sampai tidak ada angin yang keluar, indikasinya adalah keluarnya minyak rem dari nepel seperti disemprot dan adanya tekanan pada tuas rem depan seperti sedia kala. Oh iya, proses ini akan lebih mudah jika dilakukan oleh dua orang, dengan kondisi satu orang bertugas memompa tuas rem dan seorang lagi bertugas mengendurkan dan mengencangkan nepel. Atau bisa menggunakan bantuan beberapa karet gelang yang berfungsi sebagai penahan tuas rem setelah memompa rem.

    gunakan karet gelang untuk menahan tuas rem
    gunakan karet gelang untuk menahan tuas rem

  • Jika tuas rem depan sudah mendapat tekanan yang baik pada saat ditekan (proses pengereman pada rem depan) dan angin palsu sudah tidak ada lagi, kencangkan nepel dengan kunci pas ukuran 8'.

    kencangkan nepel
    kencangkan nepel

  • Lalu, pasang kembali tutup nepel dengan karet penutup.

    tutup nepel dengan karet penutup
    tutup nepel dengan karet penutup

  • Kemudian, periksa tabung penampung (reservoir) minyak rem, isi minyak rem sampai batas maksimal.

    isi minyak rem sampai batas maksimal
    isi minyak rem sampai batas maksimal

  • Pasang kembali karet seal dan penutup tabung penampung (reservoir) minyak rem.

    pasang tutup tabung penampung minyak rem
    pasang tutup tabung penampung minyak rem

  • Kemudian pasang dan kencangkan sekrup pada penutup tabung penampungan minyak rem.

    kencangkan sekrup
    kencangkan sekrup

  • Selesai. Untuk pengujian rem lebih lanjut silahkan lakukan test ride. ^,^

Catatan:
  • Cara mengganti dan menguras minyak rem dapat juga diaplikasikan pada sepeda motor jenis lain yang menggunakan rem depan model cakram, karena pada dasarnya sama.
  • Dalam pemilihan minyak rem gunakan minyak rem yang berjenis sama, jika menggunakan dot-3 gunakanlah minyak rem jenis dot-3, begitu pula jika menggunakan jenis dot-4. Jangan sampai mencampurnya.
  • Setelah melakukan penggantian dan pengurasan minyak rem, dalam beberapa hari ke depan periksa kuantitas minyak rem apakah terjadi pengurangan (bisa dilihat dari indikator volume pada tabung penampung minyak rem). Jika ya artinya ada kebocoran, periksa di sekitar tabung penampung minyak rem, nepel, piston dekat kampas rem dan di sepanjang selang minyak rem, apakah ada cairan minyak rem yang keluar. Bisa juga disebabkan oleh karet seal yang sobek atau rusak.

No comments:

Post a Comment