October 26, 2015

Mengganti Kampas Rem Cakram Depan Yamaha V-ixion

Yamaha V-ixion
Yamaha V-ixion

Beberapa hari terakhir ini terdengar bunyi yang tidak lazim di sekitar roda depan sepeda motorku, yaitu Yamaha V-ixion (FZ150i v2) produksi tahun 2011. Setelah aku amati dan aku periksa ternyata bunyi tidak lazim tersebut berasal dari piringan cakram rem depan ketika tuas rem ditekan, terdengar bunyi seperti gesekan logam. Kemudian aku lihat dan perhatikan bagian kampas remnya, dan benar saja ternyata kampas rem sudah menipis yang artinya minta diganti dengan kampas rem yang baru, huhuhuhuu.

Kemudian aku lihat catatan riwayat servis si Nero, ternyata kampas rem sudah terpasang dan terpakai selama 2 tahun, 4 bulan dan 13 hari atau jika dikonversi ke dalam satuan kilometer sekitar 20.000-22.000 kilometer (odometer sekarang tercatat angka 44.000-an kilometer). Hmm, jadi dalam hal kampas rem ini termasuk boros atau irit?

Oke deh, daripada nanti dibilang kepanjangan basa-basinya, sebaiknya kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, let's do it! Hehehehee. ^,^

Begini caranya:
  1. Siapkan kampas rem cakram baru yang akan dipasang. Suku cadang ini aku dapatkan di dealer Yamaha dan ditebus dengan harga Rp.75.000,-.

    kampas rem cakram depan
    kampas rem cakram depan

  2. Siapkan peralatan berupa 2 buah kunci pas atau kunci ring ukuran 17' dan tang.

    peralatan
    peralatan

  3. Posisikan sepeda motor dengan standar tegak. Jika pekerjaan ini dilakukan sendiri cari alat bantu untuk mengganjal sepeda motor agar tidak jatuh setelah roda depan dilepas (lihat tanda panah).

    ganjal sepeda motor agar tidak jatuh setelah roda depan dilepas
    ganjal sepeda motor agar tidak jatuh setelah roda depan dilepas

  4. Sekarang saatnya melepas roda depan. Buka mur as roda depan dengan menggunakan kunci ukuran 17'. Gunakan 2 buah kunci, yang satu untuk menahan dan yang satu lagi untuk mengendurkan dan membuka mur (lihat tanda panah).

    kendurkan dan buka mur
    kendurkan dan buka mur

  5. Setelah mur dilepas, tarik perlahan baut as roda depan sampai terlepas, kemudian lepas juga konektor kabel speedometer, lalu lepas roda depan.

    roda depan telah dilepas
    roda depan telah dilepas

  6. Untuk sementara taruh dan amankan roda depan di tempat lain agar tidak mengganggu.

    taruh dan amankan roda
    taruh dan amankan roda

  7. Lepaskan 2 buah pin pengait yang mengunci baut dengan menggunakan tang (lihat tanda panah). Setelah pin pengait dilepas, lepaskan juga bautnya agar kampas rem bisa dilepas. Waktu melepas kampas rem, usahakan jangan sampai menyentuh atau memainkan tuas rem depan karena piston rem akan terdorong keluar yang nantinya dapat menyebabkan agak susah waktu memasang roda depan.

    lepas pin pengait
    lepas pin pengait

  8. Setelah kampas rem yang lama dilepas, coba lihat dan bandingkan dengan kampas rem yang baru. Pada kampas rem yang lama indikator ketebalan kampas rem sudah mulai tidak terlihat yang artinya kampas rem sudah harus diganti dengan yang baru.

    perbandingan kampas rem lama dan baru
    perbandingan kampas rem lama dan baru

  9. Nah, sekarang saatnya memasang kampas rem yang baru. Sebelum dipasang ada baiknya jika daerah di sekitar tempat kampas rem dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kuas kecil atau lap yang berguna untuk membersihkan kotoran di sekitar tempat tersebut. Setelah dirasa bersih, tekan atau dorong piston rem dengan bantuan kunci ring, kemudian secara berurutan pasang kampas rem, baut dan pin pengaitnya (lihat tanda panah).

    pasang kembali kampas rem, baut dan pin pengait
    pasang kembali kampas rem, baut dan pin pengait

  10. Kemudian pasang kembali roda depan. Jika piringan cakram tidak dapat masuk di antara kampas rem artinya piston rem kurang masuk, jadi dorong kembali piston rem sampai ada celah atau ruang yang cukup di antara kampas rem sehingga piringan cakram dapat masuk. Setelah itu pasang kembali roda, lalu pasang kembali konektor kabel speedometer, kemudian pasang baut as roda depan, dan terakhir pasang dan kencangkan mur as roda depan (lihat tanda panah).

    pasang kembali roda dan kencangkan mur
    pasang kembali roda dan kencangkan mur

  11. Setelah ban dipasang coba mainkan tuas remnya, rasakan dan perhatikan apakah rem berfungsi seperti sedia kala. Jika belum, pompa remnya dengan cara menekan tuas rem secara berulang-ulang sampai terasa ada tekanan dan rem berfungsi. Jika sudah berfungsi lakukan test ride untuk memastikan rem telah berfungsi sempurna.

    penggantian kampas rem depan telah selesai
    penggantian kampas rem telah selesai

  12. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

2 comments: