September 10, 2015

Teori Belajar Dan Pembelajaran (2.2)

Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

B. Jenis Belajar Menurut Gagne

Sesungguhnya manusia itu memiliki beragam potensi, karakter, dan kebutuhan dalam belajar. Oleh karena itu, banyak tipe-tipe belajar yang dilakukan manusia. Salah seorang ahli yang bernama Gagne mengemukakan ada beberapa tipe belajar, yaitu:
  1. Belajar Isyarat (Signal Learning). Menurut Gagne ternyata tidak semua reaksi spontan manusia terhadap stimulus sebenarnya tidak menimbulkan respons dan dalam konteks beginilah belajar isyarat itu terjadi.
  2. Belajar Stimulus Respons. Belajar tipe ini memberikan respons yang tepat terhadap stimulus yang diberikan. Reaksi yang tepat diberikan penguatan (reinforcement) sehingga terbentuk perilaku tertentu (sharping).
  3. Belajar Merantaikan (Chaining). Tipe belajar merantaikan merupakan cara belajar dengan membuat gerakan-gerakan motorik, sehingga akhirnya membentuk rangkaian gerak dalam urutan tertentu.
  4. Belajar Asosiasi Verbal (Verbal Association). Tipe belajar asosiasi verbal merupakan belajar menghubungkan suatu kata dengan suatu objek yang berupa benda, orang, atau kejadian dan merangkaikan sejumlah kata dalam urutan yang tepat.
  5. Belajar Membedakan (Discrimination). Tipe belajar membedakan memberikan reaksi yang berbeda-beda pada stimulus yang mempunyai kesamaan.
  6. Belajar Konsep (Concept Learning). Belajar tipe ini mengklasifikasikan stimulus atau menempatkan objek-objek dalam kelompok tertentu yang membentuk suatu konsep. (Konsep: satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang memiliki kesamaan ciri).
  7. Belajar Dalil (Rule Learning). Tipe belajar ini merupakan tipe belajar untuk menghasilkan aturan atau kaidah yang terdiri dari penggabungan beberapa konsep. Hubungan antara konsep biasanya dituangkan dalam bentuk kalimat.
  8. Belajar Memecahkan Masalah (Problem Solving). Belajar tipe ini merupakan tipe belajar yang menggabungkan beberapa kaidah untuk memecahkan masalah, sehingga terbentuk kaidah yang lebih tinggi (higher order rule).

Selain dari itu semua jenis belajar Gagne juga membuat semacam sistematika jenis belajar. Menurut Gagne sistematika belajar tersebut mengelompokkan hasil-hasil belajar yang mempunyai ciri-ciri sama dalam satu kategori. Hal tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Keterampilan Intelektual: Kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol huruf, angka, kata, atau gambar.
  2. Informasi Verbal: Seseorang belajar menyetakan atau menceritakan suatu fakta atau suatu peristiwa secara lisan atau tertulis, termasuk dengan cara menggambar.
  3. Strategi Kognitif: Kemampuan seseorang untuk mengatur proses belajarnya sendiri, mengingat dan berpikir.
  4. Keterampilan Motorik: Seseorang belajar melakukan gerakan secara teratur dalam urutan tertentu (organized motor act). Ciri khasnya adalah otomatisme, yaitu gerakan yang berlangsung secara teratur dan berjalan dengan lancar dan luwes.
  5. Sikap: Keadaan mental yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan pilihan-pilihan dalam bertindak.

No comments:

Post a Comment