July 19, 2015

Cara Membuat Formulir Halaman Kontak

Tautan Halaman Kontak
Tautan Halaman Kontak

Halaman Kontak atau Contact atau Contact Me atau Contact Us adalah halaman pada suatu situs atau blog yang diperuntukkan bagi para pembaca untuk berinteraksi dengan administrator, pengelola atau pemilik situs yang bersangkutan. Biasanya menggunakan media surat elektronik (email).

Kali ini aku akan memberi tahu cara mudah membuat formulir isian pesan pada halaman kontak sebuah situs atau blog. Kenapa disebut cara mudah? Karena menggunakan bantuan pihak ketiga dan fasilitas ini tidak dipungut biaya alias gratis. Situs penyedia fasilitasnya adalah Foxyform.

Oke, begini caranya:
  • Buka situs Foxyform di alamat www.foxyform.com. Setelah terbuka, maka pada kolom nomor 1 akan diminta untuk mencontreng pilihan apa saja yang akan ditampilkan pada formulir isian pesan yang akan dibuat.

    kolom 1
    kolom 1

  • Kemudian pada kolom nomor 2 akan diminta untuk memilih warna latar belakang, warna huruf, jenis huruf dan ukuran huruf. (jika tidak mengerti abaikan saja, biarkan pada setelan default).
  • Pada kolom nomor 3 akan diminta alamat email aktif yang menjadi alamat tujuan.
  • Kemudian contreng pada kolom Antispam Protection.
  • Jika sudah yakin pada semua pilihan dan data yang dimasukkan sudah benar, lalu klik tombol warna hijau yang bertuliskan Create Formular.

    kolom 2 dan 3
    kolom 2 dan 3

  • Kemudian akan muncul kolom nomor 4 yang berisi script code, lalu copy script code-nya.

    kolom 4
    kolom 4

  • Buka halaman editor di situs atau blog anda, lalu buat halaman baru pada situs atau blog anda, lalu paste script code yang di-copy pada langkah sebelumnya. (jika anda menggunakan blogspot pastikan sudah berada di menu HTML, bukan di menu Compose). Jika sudah publikasikan atau terbitkan halaman tersebut.

    paste script code
    paste script code

  • Selesai, kemudian buka halaman tersebut. Kira-kira beginilah tampilannya.

    tampilan formulir
    tampilan formulir

No comments:

Post a Comment