July 5, 2015

Cara Membuat Akun Facebook (via Komputer)

facebook

Hari gini gak punya facebook? gak punya pesbuk? gak punya efbi? gak punya epbe?
Cop oyooohh, kalau kata si Leka, keponakan kesayanganku, hehehehe. Eh, tapi masih ada lho beberapa orang yang tidak punya, belum punya, sempat punya, atau bahkan tidak tertarik dengan yang namanya facebook. Tergantung orangnya, apalagi sekarang banyak pilihan aplikasi media sosial yang bisa digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya atau internet selain facebook.

Nah, alasanku membuat artikel tentang facebook ini bermula dari tetanggaku yang usianya terpaut agak jauh dariku (baca: lebih tua) minta tolong dibuatkan akun facebook. Oke deh, langsung saja, begini caranya.

! | abaikan atau cukup sampai di sini deh membacanya, sudah basi tau! hehehehe.

  1. Buka aplikasi browser (Chrome, Firefox, Opera, IE, atau apa saja), lalu ketik alamat www.facebook.com di kolom alamat (address).
    formulir buat akun
  2. Ketikkan 'nama depan anda' pada kolom First name dan ketikkan 'nama belakang anda' pada kolom Surname.
  3. Ketikkan 'alamat email anda' (alamat email aktif) pada kolom Email or mobile number. (Bisa juga menggunakan nomor telepon seluler, tetapi pada kasus kali ini digunakan alamat email).
  4. Ketik ulang apa yang anda ketik pada langkah nomor 3.
  5. Ketikkan 'sandi (password)' yang akan digunakan pada akun baru pada kolom New password.
  6. Pilih 'tanggal lahir anda' pada kolom Day, 'bulan lahir anda' pada kolom Month, dan 'tahun lahir anda' pada kolom Year.
  7. Pilih jenis kelamin anda, Female (perempuan) atau Male (laki-laki).
  8. Jika kolom nomor 2-8 sudah diisi semua, silahkan klik pada kolom ikon Create an account.
  9. Kemudian kita akan diarahkan ke halaman berikutnya, di sini kita disarankan untuk mencari teman yang ada (terdaftar) pada kontak akun email kita. Untuk kali ini abaikan dulu dengan meng-klik pada tulisan 'Skip this step' yang terletak di kanan bawah.
    formulir pencarian teman

  10. Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan, klik 'Skip'.
    kotak peringatan

  11. Lalu akan ditawarkan untuk memasang foto identitas atau foto profil. Untuk kali ini abaikan dulu dengan meng-klik tulisan 'Skip' yang terletak di kanan bawah.
    formulir pasang foto profil

  12. Kemudian akan muncul pemberitahuan untuk konfirmasi email, klik 'Confirm Now'.
    formulir konfirmasi email

  13. Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan, klik 'Terima'.
    formulir pencocokan akun facebook dengan email

  14. Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan bahwa akun anda yang baru dibuat telah dikonfirmasi oleh facebook, klik 'OK'.
    akun telah dikonfirmasi

  15. Sampai di sini akun facebook yang anda buat sudah jadi dan siap digunakan untuk bersosialisasi di dunia facebook.
    selamat datang di facebook

  16. Nah, sekarang kita coba untuk mancari teman dan akan kita tambahkan sebagai teman. Pada menu 'Find people you know' yang terletak di bagian bawah, ketikkan nama yang anda kenal. Contoh, aku ketik 'Rika Destiana', kemudian tekan enter pada keyboard atau klik ikon kaca pembesar (search) di sebelah kanan tulisan yang anda ketik.
    formulir pencarian teman

  17. Kemudian akan muncul akun-akun dengan nama Rika Destiana, lalu klik 'Add Friend' jika ingin dijadikan teman. Lalu tunggu sampai permintaan pertemanan anda dikonfirmasi atau diterima oleh pemilik akun yang anda tambahkan sebagai teman.
    formulir hasil pencarian teman

  18. Setelah menambahkan teman, anda bisa melihat-lihat halaman beranda (home).
    tampilan halaman beranda

  19. Lalu bisa melihat tampilan halaman dinding profil anda, kali ini masih kosong karena belum ditambahkan apa-apa.
    tampilan halaman dinding profil

  20. Akun facebook telah berhasil dibuat, tinggal anda mengisinya sesuai selera dan karakter anda. Dan sekarang saatnya kita keluar sementara dari dunia facebook. Klik ikon segitiga terbalik pada bagian kanan atas halaman facebook, lalu akan muncul menu drop-down, klik 'Logout'.
    proses logout

  21. Proses keluar (logout) selesai dan tampilan halaman facebook akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
    proses logout selesai
Sangat mudah bukan? Memang media sosial dibuat dan dikembangkan dengan user friendly (mudah digunakan pengguna), kalau susah ya tidak akan digunakan atau dijauhi dan ditinggalkan oleh para penggunanya. Oh iya, saranku sih walaupun ini dunia maya dan antar penggunanya tidak bertatap muka secara langsung kita sebagai pengguna juga harus memperhatikan etika dan sopan santun dalam berinteraksi, ya seperti dalam kehidupan nyata yang kita jalani setiap hari. Dan yang paling utama adalah jangan sampai lupa waktu serta jangan sampai kita terasingkan dalam dunia nyata kita, hehehehe. ^,^

No comments:

Post a Comment